Cegah Bau Mulut Saat Puasa, Lakukan Tips Sederhana Ini

Selama bulan puasa biasanya hal yang sering dikeluhkan adalah permasalahan bau mulut. Mulut cenderung kering karena tidak mengkonsumsi air.

Cegah Bau Mulut Saat Puasa, Lakukan Tips Sederhana Ini
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Selama bulan puasa biasanya hal yang sering dikeluhkan adalah permasalahan bau mulut. Mulut cenderung kering karena tidak mengkonsumsi air.

Tentu saja perasalahan bau mulut ini menjadikan kamu tidak percaya diri karena harus bertemu dengan orang-orang.

Untuk mencegah bau mulut ini drg. Wira Zeko Rohat dari Mitra Hospital Jambi memberikan tips untuk mengurangi bau mulut.

“Tips selama Ramadan untuk mengurangi bau mulut itu sikat gigi minimal 2 kali saat berbuka dan setelah sahur, lebih penting lagi saat sebelum tidur,” jelasnya.

Adapun teknik menyikat gigi ini ada tiga permukaan yang harus dibersihkan.

Pertama permukaan yang tampak oleh mata kita, kedua di bagian langit-langit dan bawah lidah dan ketiga permukaan yang digunakan untuk mengunyah.

Tips berikutnya, setelah menyikat gigi jangan langsung kumur-kumur. Sisakan waktu sekitar 5-10 menit agar kandungan flouride dalam pasta gigi terserap terlebih dahulu.

Penggunaan obat kumur itu untuk membantu daerah yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

Selanjutnya gunakan dental floss atau benang gigi. Ada celah antar gigi biasanya sulit dicapai oleh sikat gigi, benang gigi ini efektif untuk mencapai itu.

“Sebenarnya untuk kesehatan gigi dan mulut, saat berbuka jangan konsumsi yang terlalu manis, terlalu dingin dan terlalu asam. Memang dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih dan kurma,” ungkapnya. 

Penulis: Nurlailis
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help