Kesehatan

6 Jenis Makanan Ini Bahaya Dikonsumsi Mentah, Nomor 5 Malah Sudah Biasa

Sudah menjadi kebiasaan, saat memasak tangan secara tidak sengaja mengambil bahan makanan lalu memasukkan ke mulut.

6 Jenis Makanan Ini Bahaya Dikonsumsi Mentah, Nomor 5 Malah Sudah Biasa
Ilustrasi bahan makanan 

TRIBUNJAMBI.COM - Sudah menjadi kebiasaan, saat memasak tangan secara tidak sengaja mengambil bahan makanan lalu memasukkan ke mulut. Bukan begitu buibu?

Padahal, sebenarnya ada makanan yang dilarang untuk dimakan secara mentah, karena bisa membahayakan fisik. Daging ayam atau makanan mentah lain sudah tentu dilarang, karena ada bakteri yang berbahaya di dalamnya.

Ayo, periksalah daftar berikut ini. Sebagian dari kita benar-benar ingin memakannya mentah karena ingin mencoba rasa segarnya. Jangan dicoba ya, hentikan sebelum terlambat. Semoga bermanfaat!

Baca: Bank Dunia: Konsumsi Rumah Tangga Indonesia Tidak Melemah, Ini Alasannya

1) Kentang

Kentang yang belum direbus, digoreng atau dimasak, jangan sesekali dimakan mentah. Jika dimakan mentah dapat menyebabkan efek angin di dalam tubuh. Anda akan mengalami banyak gas di perut, sering kentut dan perut kembung. Bahkan lebih menakutkan lagi, jika kentang dibiarkan lama di daerah panas atau basah, kentang akan berubah menjadi hijau dan menghasilkan racun `solanine 'yang menyebabkan keracunan makanan. Jika Anda melihat bintik-bintik hijau pada kentang, jangan mencoba untuk makan!

2) Tepung

Ada yang mencoba mencampur tepung dan air, lalu dimakan begitu saja? Jika ada, lebih baik Anda hentikan kebiasaan itu sekarang. Menurut kajian beberapa institusi kesehatan di Amerika Serikat memakan tepung mentah berpotensi menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Lebih mengejutkan lagi, jika tepung itu membawa patogen seperti E.coli yang hanya akan hilang apabila dimasak. Sangat berbahaya.

Baca: Sri Mulyani: Hampir Seluruh Dana THR Sudah Masuk Rekening PNS dan Pensiunan

Baca: Sidak Disperindag ke Sejumlah Pasar, Harga Bahan Pokok Cenderung Stabil

3) Sosis

Sosis pastinya bukan makanan bernutrisi tetapi ada beberapa orang yang memakannya mentah karena rasanya sudah setengah matang tanpa direbus. Namun, menurut penelitian tahukah Anda pengemasan sosis dapat terkena bakteri Listeria/bakteri yang dapat dibunuh dengan memasak sosis. Ingat, cuci dan rebus atau goreng sosis sebelum dimakan. Ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Halaman
12
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help