Sehari Rp 4 Juta, Wisatawan Indonesia Habiskan Uang di Israel Hanya untuk Ini

Berdasarkan data statistik Kementerian Pariwisata Israel, wisatawan Indonesia menghabiskan uang sekitar 310 dollar AS per hari.

Sehari Rp 4 Juta, Wisatawan Indonesia Habiskan Uang di Israel Hanya untuk Ini
kompas.com
Tembok Barat yang ada di Kota Tua Yerusalem. 

TRIBUNJAMBI.COM - Wisatawan asal Indonesia dianggap paling royal saat melancong ke Israel

Berdasarkan data statistik Kementerian Pariwisata Israel, wisatawan Indonesia menghabiskan uang sekitar 310 dollar AS per hari, tidak termasuk tiket pesawat.

Jika dirupiahkan, masing-masing turis Indonesia mengeluarkan sekitar Rp4,2 juta untuk berbelanja di sana.

Menurut salah satu pemilik tour travel yang melayani perjalanan Indonesia-Israel dan Palestina, Melisa Agustina dari Mala Tour, wisatawan Indonesiabiasa tinggal selama lima hari.

Dapat dihitung dalam satu kali kunjungan minimal lima hari, wisatawan Indonesia bisa mengeluarkan uang Rp21 juta.

Untuk apa saja? "310 dollar AS per hari itu belanja saja, bukan termasuk peket wisata, tiket dan lainnya, itu jajan aja," tutur Melisa saat dihubungi KompasTravel.

Menurutnya, karakteristik turis Indonesia yang suka belanja, juga terjadi di sana. Mereka berbelanja kebutuhan oleh-oleh untuk keluarga, teman, hingga tetangga.

"Satu toko bisa ratusan dollar mereka habiskan, untuk satu orang. Baik di kawasan Israel ataupun Palestina, banyak kalau produk di wilayah Palestina sih," terangnya.

Barang-barang yang kerap dicari orang Indonesia di sana ialah perawatan kecantikan. Mulai dari sabun zaitun, krim muka, dan krim tangan dari laut mati.

Menurutnya kualitas barang-barang kecantikan di sana memang terbukti bagus. Bahkan banyak turis di Indonesia yang menjadi reseller barang-barang tersebut.

Halaman
12
Editor: Teguh Suprayitno
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help