Ramadan Mubaraq

Puasa ke-12, Presiden Jokowi Bayar Zakat Mal. Jumlahnya Sama dengan Wapres dan Ketua DPR

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membayar zakat mal lewat Badan Amil Zakat Nasional. (Baznas) di Istana Negara, Senin (28/5).

Puasa ke-12, Presiden Jokowi Bayar Zakat Mal. Jumlahnya Sama dengan Wapres dan Ketua DPR
Biro Sekretariat Presiden

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membayar zakat mal lewat Badan Amil Zakat Nasional. (Baznas) di Istana Negara, Senin (28/5).

Dalam kesempatan yang sama ada sekitar 200 pejabat tinggi termasuk pejabat eselon I di berbagai Kementerian dan Lembaga negara serta direksi BUMN yang juga ikut membayar zakat.

Di tahun ini, Presiden Jokowi membayar zakat mal sebesar Rp 50 juta. Nilai yang sama juga dibayarkan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Baca: Menghilang Sebulan, Putera Mahkota Saudi Diinfokan Cedera Ditembak

 Dalam kesempatan itu, Presiden mengungkapkan membayar zakat adalah menjalankan sebuah keindahan Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin.

"Melalui zakat kita berbagi dengan para mujtahid, penerima zakat, berbagi rezeki, berbagi rasa persaudaraan, berbagi ibadah, berbagi bahagia terlebih di bulan suci ramadan ini," kata Presiden.

Ia berharap zakat yang dikeluarkan bisa menyempurnakan ibadah puasa, dan menyempurnakan ketaatan, dan ketaqwaan kepada Allah SWT. "Saya mengajak para muzaki, pemberi zakat untuk memberikan zakat melalui Baznas supaya lebih aman, teratur, tepat penyaluranya kepada mujtahid," tambah Presiden.

Sekadar tahu saja, dalam hal ini Baznas menyiapkan 30 konter di lingkungam Istana Negara untuk melayani pembayaran zakat. Pembayaran bisa dilakukan secara tunai maupun non tunai untuk memudahkan membayar zakat.

Baca: Temuan Kapal Karam Tahun 1708 Itu Pun Diumumkan, 5 Negara Memperebutkan. Ternyata Ini Isinya

Baca: Pemerintah Jamin Transaksi Elektronik Tol pada Mudik Lebaran Tahun Ini Lebih Baik

Ketua Baznas Bambang Sudibyo, setiap tahun pengumpulan zakat infak dan sedekah selalu meningkat. Selama 15 tahun terakhir peningkatannya rata-rata mencapai 38%. 

Tahun lalu zakat yang dihimpun Baznas mencapai Rp 6,24 triliun dan ditargetkan di tahun ini mencapai Rp 8 triliun.

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help