Kesehatan

Kenali 3 Jenis Sakit Kepala, Mana yang Paling Sering Anda Rasakan dan Ketahui Penanganannya

Sakit kepala sudah menjadi sakit yang jamak dialami siapapun, baik pria maupun wanita, tua maupun muda.

Kenali 3 Jenis Sakit Kepala, Mana yang Paling Sering Anda Rasakan dan Ketahui Penanganannya
meetdoctor.com
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Sakit kepala sudah menjadi sakit yang jamak dialami siapapun, baik pria maupun wanita, tua maupun muda.

Namun, perlu Anda ketahui jenis sakit kepala berbeda antara satu dengan lainnya. Untuk penanganannya perlu pengobatan yang tepat juga.

Dokter pengasuh rubrik info sehat pada akun klikdokter.com, dr. Karin Wiradarma memberikan ulasan tentang 3 jenis sakit kepala ini. Topik ini kembali diunggah di Facebook Jumat (18/5) pukul 19.00 WIB.

Baca: Harga Telur Ayam Ras Naik Hingga Rp 5.000/Karpet, Telur yang Lain Tidak

Sakit kepala merupakan salah satu keluhan yang banyak dirasakan orang dewasa. Badan Organisasi Dunia (WHO) mencatat, setidaknya separuh penduduk dewasa dunia pernah mengalami sakit kepala setiap tahunnya.

"Sakit kepala dapat berupa sensasi berdenyut, seperti ditusuk-tusuk, atau seperti diikat. Mengetahui jenis sakit kepala itu penting, karena dapat berperan besar terhadap pengobatannya," jelas dr. Karin.

Perlu untuk kembali diingat bahwa sakit kepala bukanlah suatu diagnosis akhir, melainkan gejala umum yang menjadi pertanda dari banyak penyakit. Selain dapat disebabkan oleh berbagai keadaan, jenis sakit kepala yang dialami setiap orang bisa berbeda-beda.

Sakit Kepala

Menurut Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia, sakit kepala dibagi menjadi dua kriteria, yaitu:

Sakit kepala primer, yaitu sakit kepala yang disebabkan karena gangguan pada bagian dari kepala, seperti otot, pembuluh darah, atau saraf-atau terjadi tanpa ada penyakit yang mendasari.

Baca: Sebelum Berangkat, Jemaah Haji Nginap Semalam di Asrama Haji

Baca: Lakalantas di Jalan Ness - Kronologis Kecelakaan; Pengendara Beat Melebar Sehingga Menabrak. . .

Sakit kepala sekunder, yaitu sakit kepala yang terjadi karena ada penyakit yang mendasari, seperti akibat cedera leher atau kepala atau tulang belakang, peradangan atau gangguan pada pembuluh darah di dalam dan sekitar otak, termasuk stroke, infeksi (meningitis), tekanan dalam otak yang terlalu tinggi atau rendah, tumor otak, atau cedera kepala. Jenis sakit kepala ini biasanya bisa terlihat melalui CT scan.

Sebagian besar keluhan sakit kepala yang dialami seseorang merupakan sakit kepala primer. Mari kenali lebih lanjut beberapa jenis sakit kepala kriteria ini.

Halaman
123
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help