Ramadan Mubaraq

GALERI FOTO: Pondok Pesantren Hidayatullah, Hidup Tanpa Amal Bagai Pohon Tanpa Buah

Sebagai tempat belajar, mencari ilmu dan menerapkan amalan-amalan agama Islam, Pondok Pesantren Hidayatullah memiliki

GALERI FOTO: Pondok Pesantren Hidayatullah, Hidup Tanpa Amal Bagai Pohon Tanpa Buah
TRIBUN JAMBI/SAMSUL BAHRI

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Sebagai tempat belajar, mencari ilmu dan menerapkan amalan-amalan agama Islam, Pondok Pesantren Hidayatullah memiliki misi untuk mewujudkan sekolah integral berbasis tauhid. Hal ini dilakukan untuk melahirkan generasi yang bertakwa, berakhlak mulia, kreatif, dan kompetitif dalam rangka membangun peradaban Islam.

Selain itu, dikatakan oleh Pimpinan Pondok Pesantren, Ustaz Arif bahwa pihaknya tidak hanya memberikan materi-materi tentang keislaman, namun pihaknya juga menerapkan ilmu-ilmu keislamanan kepada santri-santri.

18052018_mengaji
Mengaji (TRIBUN JAMBI/SAMSUL BAHRI)

Baca: Sebelum Berangkat, Jemaah Haji Nginap Semalam di Asrama Haji

"Kita berikan pembelajaran dan juga penerapan kepada santri-santri agar nantinya santri tidak hanya mendapatkan ilmunya selama di pondok, tetapi diharapkan kedepan agar ketika santri keluar dari pondok pesantren dapat mengamalkan dalam kehidupan bermasyarakat," terangnya.

Ia menambahkan, hal ini dilakukan sesuai dengan misi dari Pondok Pesantren Hidayatullah, untuk menyelengarakan dan mengembangkan pendidikan integral yang bermutu berdasarkan nilai-nilai Islam. Selain itu juga membangun kultur pendidikan yang ilmiah, alamiah, Islamiati dan amaliah.

Dikatakannya bahwa Ilmiah adalah suasana pendidikan yang diajarkan kepada santri-santri untuk tidak hanya menerima pelajaran tetapi juga mengajak santri-santri untuk berfikir dalam belajar, yakni berfikir dengan melihat pengetahuan-pengetahuan islami.

Selain itu, ditambahkannya mengenai alamiah dan Islamiah yaitu mengajarkan santri-santri untuk belajar dan mendalami ilmu-ilmu keagamaan Islam dikhususkan mengenai adab-adab Islam dan aturan-aturan dalam Islam. Hal ini diharapkan agar dalam melakukan sesuatu dan berbuat sesuatu santri mengatahui mana yang dibolehkan dan tidak dibolehkan dalam Islam.

18052018_ponpes hidayatullah
Ponpes Hidayatullah (TRIBUN JAMBI/SAMSUL BAHRI)

Baca: Ini Jadwal Belajar Siswa SD dan SMP di Tanjabtim Selama Ramadan

Baca: Lakalantas di Jalan Ness - Kasat Lantas: Korban Tewas Akibat Patah di Bagian Kepala

"Untuk amaliah, apa yang didapatkan mereka bukan hanya untuk diketahui, namun juga untuk diamalkan. Karena sekarang ini banyak orang yang tahu tapi tidak diamalkan. Padahal dalil sudah jelas hidup tanpa amal seperti pohon tanpa buah," pungkasnya.

"Jadi diharapkan kepada santri-santri terutama yang ada di Pondok Pesantren Hidayatullah ini, agar nanti kedepannya bisa belajar dan mengamalkan empat kultur pendidikan di dalam misi kita," sambungnya.

Penulis: syamsul
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help