Menteri Agama RI Dijadwalkan Sambangi Kerinci, Ini Agendanya

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kerinci.

Menteri Agama RI Dijadwalkan Sambangi Kerinci, Ini Agendanya
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kerinci. Menag akan ke IAIN Kerinci dalam rangka meresmikan alih status IAIN dari STAIN Kerinci, Ma’had Al-Jami’ah dan Seminar Nasional, Kamis (10/5) bertempat di Kampus Utama di Desa Sumur Gedang Sungai Liuk Kecamatan Pesisir Bukit Kota Sungai Penuh.

Selain Menteri Agama, dijadwalkan turut hadir Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Prof. Dr. Phil. H. Komaruddin Amin, Sekretaris Menteri Agama, Pjs Gubernur Jambi, Fachrori Umar, Para Rektor PTKIN, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi dan Sumatera Barat, Walikota Sungai Penuh, Bupati Kerinci dan Kepala Kementerian Agama Kabupatan/Kota se-Provinsi Jambi.

Rektor IAIN Kerinci, Dr. Y. Sonafist dalam laporannya mengatakan STAIN Kerinci secara resmi beralih status menjadi IAIN Kerinci setelah terbitnya Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2016 tentang Peningkatan status STAIN Kerinci menjadi IAIN Kerinci yang ditandatangani Preside RI Joko Widodo pada tanggal 1 Agustus 2018.

Kemudian perpres tersebut diundangkan di Lembaran Negara Tahun 2016 Nomor 162 pada tanggal 3 Agustus 2018.
Dampak alih status tersebut, saat ini IAIN Kerinci memiliki 4 fakultas; Fakuktas Syariah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah dan 13 program studi S1 dan 1 program studi S2.

Peresmian IAIN Kerinci dan Ma’had Al-Jami’ah nantinya ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, disaksikan oleh Dirjen Pendis, Sekretaris Menteri, Pjs Gubernur Jambi dan para tamu undangan.

"Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan surat hibah tanah dari pemerintah desa Ujung Pasir dan Desa Koto Tuo Ujung Pasir Kecamatan Danau Kerinci seluas 10 hektar sebagai lokasi kampus 3 IAIN Kerinci," jelas Rektor IAIN Kerinci.

Penulis: hendri dede
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help