65 Kades Habis Masa Jabatan. Sebagian Belum Ditunjuk

Hingga Juni mendatang ada lebih 65 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Kerinci habis masa jabatan. Bahkan sampai saat

65 Kades Habis Masa Jabatan. Sebagian Belum Ditunjuk
TRIBUNJAMBI/ZULKIFLI
Ilustrasi Kades 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Hingga Juni mendatang ada lebih 65 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Kerinci habis masa jabatan. Bahkan sampai saat ini sudah ada 40 Kades yang batas masa jabatannya sudah berakhir. Namun dari jumlah tersebut sebagian belum dilakukan pejabat sementara (Pjs) oleh dinas terkait.

Iya sampai Juni sekitar 65 kepala desa yang habis masa jabatan dan akan ditunjuk Pjs. Karena Pilkades belum bisa digelar dikarekan dilaksanakannya pilkada. Tapi akan ditunjuk Pjs bisa dari PNS atau dari perangkat desa atas usulan BPD," kata Hasperi, Kepala Badan Pemerintahan Masyarakat dan Pemberdayaan Desa (BPMPD) Kabupaten Kerinci, Rabu (9/5).

Dia mengatakan untuk mengisi kekosongan dan jabatan kades supaya tidak kosong, pemerintah Kabupaten Kerinci menunjuk Pjs kepala desa bagi desa yang habis masa jabatannya. Aturannya untuk mengisi pejabat semantara kepala desa, maka pemerintahan desa melakukan seleksi calon Pjs kepala desa. Tujuannya agar Pjs kades yang ditunjuk betul-betul mampu melaksanakan tugas dengan baik.

Dia mengatakan Pemdes telah selesai melaksanakan seleksi Pjs kades, terakhir yang telah selesai diseleksi sebanyak 16 orang Pjs kepala desa untuk desa yang habis masa jabatan. "Ada 16 desa yang belum memiliki Pjs kepala desa. Saat ini dalam proses penerbitan SK oleh Bupati Kerinci," ungkapnya.

Dia mengatakan pada Maret saja ada 40 kades habis masa jabatan. "Februari ada 12 orang, sudah ada SK. Untuk Maret, 16 orang sudah diseleksi pjs kadesnya, tinggal menunggu SK bupati. Dan April ini akan seleksi lagi pjs kades untuk 12 orang untuk 12 desa," katanya.

Hingga saat ini pihaknya masih melakukan proses pemilihan Pjs Kades bagi desa yang jabatan Kades Aisha habis, namun belum ada Pjs. Dikatakannya bahwa ada proses yang harus dilewati, sepeeti penerbitan SK Pjs Kades oleh Pjs bupati Kerinci.

Akan tetapi pihaknya berupaya agar program pembangunan lewat dana desa bejalan maksimal, maka segera mengganti Pjs yang desanya mau dua tak ada Kades definitif.

Penulis: hendri dede
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help