Ini Jumlah Sementara Sumbangan Dana Kampanye Setiap Paslon di Pilkada Kerinci

Calon Bupati dan Wakil Bupati Kerinci yakni Monadi-Edison, Adirozal - Ami Taher, dan Zainal-Arsal, telah menyampaikan Laporan

Ini Jumlah Sementara Sumbangan Dana Kampanye Setiap Paslon di Pilkada Kerinci
grafis tribunjambi
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Calon Bupati dan Wakil Bupati Kerinci yakni Monadi-Edison, Adirozal - Ami Taher, dan Zainal-Arsal, telah menyampaikan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kerinci.

Berdasarkan hasil penyampaian hasil LPSDK paslon Adirozal - Ami Taher merupakan penerima sumbangan tertinggi yakni Rp 557.000.000. Di urutan kedua merupakan Paslon Zainal-Arsal yakni Rp 352.700.000, dan terakhir paslon Monadi-Edison yakni Rp 217.000.000.

Suhardiman, Komisioner KPU Kerinci Divisi Hukum, dikonfirmasi mengakui bahwa LPSDK diserahkan mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 5 tahun 2017. Penyerahan LPSDK resmi diserahkan ke KPU Kerinci belum lama ini.

"Penyerahan dilakukan ketiga tim penghubung pasangan calon dengan waktu terpisah," ungkapnya

Menurutnya berdasarkan hasil penelitian terhadap LPSDK ketiga Paslon, penerimaan sumbangan masih bersumber dari ketiga pasangan calon. Sementara sumbangan dari partai politik, perseorangan atau badan hukum swasta masih nihil atau kosong.

"Belum ada sumbangan dari pihak lain, untuk saat ini masih bersumber dari masing-masing Paslon," katanya.

Penerimaan menurut Suhardiman, masih memungkinkan bertambah hingga satu hari jelang tahapan kampanye pada Juni mendatang.

Setelah LPSDK, pasangan calon juga harus menyerahkan Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana Kampanye (LPPDK). "Laporan LPPDK, wajib disampaikan untuk memastikan penggunaan tidak lebih dari batas maksimal. Jika LPPDK tidak diserahkan, sanksinya bisa pada pembatalan,” katanya. (*)

Penulis: hendri dede
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help