Editorial

Menunggu Kontribusi Pasar Angso Duo Baru

Selain itu sejauh mana keberadaan pasar ini mampu memikat konsumen untuk masuk ke dalam dan berbelanja juga penting untuk ditunggu.

Menunggu Kontribusi Pasar Angso Duo Baru
TRIBUNJAMBI/SAMSUL BAHRI
Minggu (4/2/2018) Rumah Baca Evergreen melakukan kunjungan ke Pasar Angso Duo, Jambi. 

Pasar Angso Duo bagi Kota Jambi tak sekedar pusat niaga, lebih dari itu pasar ini menjadi ikon bagi kota dengan slogan Tanah Pilih Pseko Betuah.

Sudah cukup banyak catatan dari pasar induk ini, dan tentu juga sebagai wilayah yang memberi pemasukan besar untuk Kota Jambi. Setidaknya ikut menjadi penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) Kota Jambi yang mencapai Rp 4,2 miliar dari sektor pasar pada 2017 lalu.

 Kini Pasar Angso Duo memiliki wajah baru. Dengan selesainya proses pengerjaan bangunan baru, kepindahan para pedagang ke bangunan baru yang dijadwal pertengahan tahun ini cukup dinanti.

Kemudian, kita juga masih menunggu-nunggu untuk melihat sistem pengelolaan Pasar Angso Duo baru, apakah benar-benar mampu keluar dari kesan kumuh, dan memberi kontribusi besar untuk pemasukan daerah.

Pasar Angso Duo Jambi yang masih digunakan sebelum yang baru dioperasikan, Senin (23/4/2018).
Pasar Angso Duo Jambi yang masih digunakan sebelum yang baru dioperasikan, Senin (23/4/2018). (tribunjambi/darwin sijabat)

Selain itu sejauh mana keberadaan pasar ini mampu memikat konsumen untuk masuk ke dalam dan berbelanja juga penting untuk ditunggu.

Hal ini beralasan, karena sudah cukup banyak contoh di beberapa daerah di Provinsi Jambi yang ternyata kurang berhasil mengelola pasar tradisional dengan konsep modern di dalam gedung.

 Kegagalan itu karena banyak pedagang yang merasa kehilangan pelanggan, sehingga memilih untuk berjualan di luar area gedung akibat minimnya pelanggan yang masuk ke dalam.

 Untuk itu, proses pembangunan Pasar Angso Duo baru ini tak sekedar selesainya bangunan fisik, tapi menjamin pembeli merasa betah dan terus berbelanja, sehingga benar-benar menjadi pusat niaga yang memberi kontribusi, baik kepada pedagang, pembeli, pengelola dan tentu daerah. (*)

Editor: deddy
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved