Ratusan Pohon Duku di Sekernan Mati, Ciri-cirinya Daun Gugur dan Pohon Kering

Warga Desa Sekernan, Kabupaten Muarojambi mengeluh terkait dengan banyaknya pohon duku

Ratusan Pohon Duku di Sekernan Mati, Ciri-cirinya Daun Gugur dan Pohon Kering
tribunjambi/samsul bahri
Pohon duku 

Laporan Wartawan Jambi, Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Warga Desa Sekernan, Kabupaten Muarojambi mengeluh terkait dengan banyaknya pohon duku milik mereka yang mati.

Hama misterius berupa bercak mirip jamur tersebut mematikan ratusan pohon duku

Menurut warga pohon duku yang mereka miliki mati dengan ciri-ciri dedaunan gugur, pohon dan dahan jadi kecoklatan, sehingga terlihat kering.

Hal ini disampaikan oleh salah seorang warga Sekernan Zandiari , ia mengatakan bahwa awalnya pohon yang mati sekitar tiga batang.

"Awalnya tiga batang, kemudian jadi banyak pohon yang tertular. Kalo penyebab dak tau kami penyebabnya. Sekitar dua bulan yang lalulah kejadiannyo. Tempat paman sayo sekitar 13 batang mati," ujarnya.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Muarojambi, M Havis mengatakan bahwa penyebab daripada pohon duku yang mati tersebut dikarenakan jamur.

"Jamur Phythopthora namanya. Kalau bahasa jambinya itu mati merengas. Kita juga sudah lakukan sosialisasi bersama petugas hama dengan kelompok tani. Jadi kita pangil kita lakukan sosialisasi untuk pencegahan," jelasnya.

Ia menyampaikan sampai saat ini pihaknya baru menerima laporan dari warga dDesa Sekernan. Laporan yang diterima Dinas Pertanian, sebanyak ratusan pohon duku yang mati akibat jamur ini.

"Kita baru dapat laporan hanya di Sekernan. Untuk Kumpeh dan kabupaten lainnya kita belum ada laporan," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: syamsul
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help