TribunJambi/

Pangkalan Sebut Jelang Puasa Penjualan Gas Biasanya Meningkat

Mendekati bulan puasa, agen dan pangkalan gas mengaku stok gas elpiji non subsidi mampu mencakupi daerahnya.

Pangkalan Sebut Jelang Puasa Penjualan Gas Biasanya Meningkat
tribunjambi/chairul nisyah
Pangkalan gas di Kota Jambi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Chairul Nisyah

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Mendekati bulan puasa, agen dan pangkalan gas mengaku stok gas elpiji non subsidi mampu mencakupi daerahnya.

Dari pantauan Tribun dua pangkalan yang ada di daerah Kota Baru di Jalan Pangeran Hidayat dan di Jalan Prof M Yamin stok gas elpiji non subsidi 5,5 kg dan 12 kg yang masih berisi terlihat banyak, tersusun rapi dan siap untuk dijual.

Menurut Melda, pemilik pangkalan gas di M Yamin mengatakan, ”Biasanya penjualan gas non subsidi akan lebih meningkat, apalagi waktu memasuki bulan puasa. Hal ini berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya,” ucapnya, (16/4).

Untuk gas elpiji non subsidi, khususnya tabung 5,5 kg saat ini memiliki program trade.

Harga untuk satu tabung gas elpiji berukuran 5,5 kg sebelumnya berada pada harga Rp 325 ribu kini menjadi Rp 270 ribu.

Namun harus diperjelas lagi, harga ini berlaku hanya untuk pembelian pertama atau dengan menukarkan tabung gas elpiji ukuran 3 kg yang lama menjadi tabung gas elpiji ukuran 5,5 kg.

Pangkalan gas di Kota Jambi
Pangkalan gas di Kota Jambi (tribunjambi/chairul nisyah)

Untuk pengisian ulang, harga tetap sama seperti sebelumnya. Untuk isi ulang tabung ukuran 5,5 kg dikenakan harga Rp 67 ribuan, dan untuk isi ulang tabung 12 kg dikenakan harga Rp 140 ribuan, jelasnya.

Rahmi, seorang ibu rumah tangga yang saat diwawancarai mengatakan, ”Sebenarnya memang lebih enak pakai elpiji ukuran besar, tapi terkadang terbentur dengan kebutuhan lain,” ucapnya.

Satu kali isi ulang gas 3 kg hanya bekisar Rp 20-22 ribu per tabung, sedangkan untuk ukuran tabung 5,5 kg per isi ulang sekitar Rp 60-70 ribuan per tabung.

"Kadang kami ibu rumah tangga harus benar-benar cermat dalam menggunakan uang, karena masih banyak kebutuhan lain yang harus dicukupi," ujarnya.(*)

Penulis: nisyah
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help