TribunJambi/

Kesehatan

Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat pada Malam Hari? Cek Penyebabnya, Normal atau Penyakit?

Buang air kecil di tengah malam sebenarnya normal. Namun, bagaimana jika terjadi berulang kali? Akun klikdokter.com kembali

Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat pada Malam Hari? Cek Penyebabnya, Normal atau Penyakit?
Net
Ilustrasi

TRIBUNJAMBI.COM - Buang air kecil di tengah malam sebenarnya normal. Namun, bagaimana jika terjadi berulang kali?

Akun klikdokter.com kembali mengunggah materi ini di kronologinya, Senin (16/4) pukul 22.00 WIB. Dokter pengasuh, dr. Sara Elise Wijono Mres mengatakan, bangun tengah malam untuk buang air kecil kadang memang bikin repot.

"Mungkin Anda mengalami ini sesekali saja (dan ini normal). Namun, ada beberapa orang yang mengalaminya setiap hari, bahkan sampai terbangun beberapa kali. Kondisi ini dinamakan nokturia," jelasnya sebagai pengantar.

Baca: Bupati Tegaskan Pelarangan Membuka Lahan dengan Pembakaran

Apa itu Nokturia? Nokturia bisa terjadi pada pria maupun wanita. Nokturia juga dapat mengganggu waktu tidur dan kualitas hidup penderitanya. Hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan nokturia ini?

Poliuria

Poliuria adalah produksi urine yang berlebih, melebihi 2 liter per hari. Keadaan ini bisa disebabkan karena banyak minum maupun penyakit diabetes.

Nokturnal poliuria

Nokturnal poliuria adalah produksi urine berlebih pada malam hari. Keadaan ini bisa disebabkan karena penyakit gagal jantung, pembengkakan pada ekstremitas bawah, beberapa jenis obat-obatan (diuretik, fenitoin, lithium, dll), dan minum yang banyak sebelum tidur.

Baca: Fenomena Warung Remang-remang di Tungkal, Pelajar pun Sudah Masuk Lokasi dan Terpengaruh

Halaman
12
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help