Sidang Suap Ketok Palu

Dituding Salin Tempel Dokumen Tuntutan Arfan, Ini Tanggapan Jaksa KPK

Jaksa Penuntut KPK bantah melakukan salin tempel (copy paste) untuk tuntutan terdakwa Arfan

Dituding Salin Tempel Dokumen Tuntutan Arfan, Ini Tanggapan Jaksa KPK
tribunjambi/dedy nurdin
Erwan Malik di persidangan pembacaan pledoi 

Laporan Wartawan Tribu Jambi, Dedy Nurdin

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Jaksa Penuntut KPK bantah melakukan  salin tempel (copy paste) untuk tuntutan terdakwa Arfan seperti yang disebut oleh Penasehat hukum Arfan, Suseno saat menyampaikan nota pembelaan di persidangan Senin (16/4/2018).

Disampaikan Trimulyono Hendradi usai persodangan saat dikonfirmasi mengatakan, dalam persidangan memang saksi diperiksa bersama-sama.

Dan pada saat itu juga tidak ada keberatan baik dari terdakwa sendiri maupun penasehat hukumnya.

"Kalau kami bilang Nggak copy paste, orang memang faktanya diperiksa bersama-sama," kata Trimulyono.

Trimulyono menjelaskan, di dalam tuntutan pun untuk analisa fakta tanggapan sudah dibedakan.

Ia mencontohkan juga misalnya apakah ada tanggapan dari terdakwa Arfan yang kemudian ditulis juga dan dipisahkan keterangan satu terdakwa dan saksi utuk masing-masing.

"Jadi kalau copy paste nggak sama sekali," katanya.

"Misalnya untuk terdakwa Arfan atau Saifudin pada saat itu tertulis kami tulis. Tapi kalau tidak menyebut nama terdakwa pun kita masukin juga kalau nyatanya seperti itu," kata Trimulyono.

Seperti terlihat dalam persidangan, Suseno selaku penasehat hukum Arfan menyebut JPU KPK menyalin tempel tuntutan untuk kliennya Arfan dengan Arfan.

Padahal menurut Suseno keterangan saksi untuk terdakwa Arfan dengan terdakwa lainnya berbeda. Sehingga semestinya lah pada dakwaan dilakukan pembedaan.

Hal ini dinilai tidak pantas oleh Suseno ,"Kami berpendapat bahwa Jaksa Penuntut Umum telah melakukan copy paste tuntutan dan kami menolak hal tersebut," katanya membacakan Pledoi.

Sementara terkait pledoi yang disampaikan ketiga terdakwa yakni Arfan, Erwan Malik dan Saifudin JPU KPK menyatakan tetap pada tuntutannya.

"Kami tetap pada tuntutannya dan pihak terdakwa tetap pada pledoinya, kita serahkan kepada majelis hakim," kata Trimulyono. (Dnu)

Penulis: Dedy Nurdin
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved