TribunJambi/

Serapan Anggaran Pemprov Jambi Rendah, Gubernur Fachrori Kumpulkan OPD

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI -- Hingga Minggu kedua triwulan II tahun 2018 ini, serapan anggaran Pemprov Jambi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI -- Hingga Minggu kedua triwulan II tahun 2018 ini, serapan anggaran Pemprov Jambi minim. Bahkan masih ada OPD belum memulai kegiatan fisik. Seluruh Kepala OPD diminta menggeber realisasi serapan anggaran, dan menindaklanjuti rekomendasi dari BPK tentang laporan keuangan 2017.

"Kita sudah masuk triwulan kedua tahun anggaran 2018, kemarin kami sudah bertemu pimpinan BPK Perwakilan Jambi, diberi waktu 40 hari untuk menyelesaikan laporan keuangan. Saya harap pekerjaan ini tidak ditunda-tunda, setelah memperbaiki apa yang dievaluasi oleh BPK saya berharap kita bisa mempertahankan laporan keuangan dengan Opini WTP ," ungkap Fachrori yang memimpin rapat staf, Kamis (12/4).

Untuk mencapai itu semua, dirinya minta seluruh jajaran OPD berkomitmen terwujudnya Jambi Tuntas 2021. Semuanya harus bekerja untuk Provinsi Jambi, perhatikan program prioritas sesuai target RPJMD, sehingga program dijalankan ke depan lebih terarah terfokus dan bersinergi.

"Saya juga minta terus berkoordinasi dengan Pemkab/Kota dalam melaksanakan program kegiatan ke depan," imbuh Fachrori.

Ketika ditanya apakah ada sanksi bagi OPD yang tidak bisa bekerja dengan baik dan apakah akan dievaluasi. "Kalau bisa begitu. Jangan ada evaluasi lagi," kata dia.

Rapat staf lengkap ini dilakukan di ruang utama kantor Gubernur Jambi. Rapat ini seyogyanya dihadiri seluruh OPD. Namun pada kenyataannya ada beberapa pejabat tidak hadir dalam acara itu, sebagian mereka beralasan menjalankan tugas di luar daerah.

Rapat ini tertutup untuk awak media. "Ini rapat tertutup, setelah selesai acara, nanti kita sampaikan hasilnya," sebut Sekda M Dianto saat membuka rapat.

Usai rapat, Sekda membenarkan serapan anggaran di triwulan pertama ini relatif kecil. Jika serapan anggaran kecil maka pertumbuhan ekonomi akan terganggu karena perputaran dana juga sangat dipengaruhi anggaran dari pemerintah .

"Untuk itu, kami sedang merapatkan dengan beberapa OPD terkait percepatan kegiatan kita di tahun 2018," ucap Sekda. "Secara totalitas data yang dimiliki dari Biro Pembangunan dan Kerjasama baru berkisar 9,3 persen artinya itu minim," sambungnya. (zak)

Editor: ridwan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help