Anggarkan Rp 200 Miliar Untuk Pembangunan Masjid di Sepuluh Kecamatan di Sarolangun

Pemerintah Daerah Sarolangun memprogramkan membangun satu masjid raya di setiap kecamatan.

Anggarkan Rp 200 Miliar Untuk Pembangunan Masjid di Sepuluh Kecamatan di Sarolangun
TRIBUNJAMBI/TEGUH SUPRAYITNO
Cek Endra resmikan masjid 

Laporan wartawan Tribun Jambi Teguh Suprayitno

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Pemerintah Daerah Sarolangun memprogramkan membangun satu masjid raya di setiap kecamatan.

Untuk itu pemerintah Sarolangun perlu menganggarkan Rp 180 hingga Rp 200 miliar untuk pembangunan masjid di sepuluh kecamatan di Sarolangun.

Bupati Sarolangun Cek Endra mengatakan tahun ini ada tiga masjid yang sedang dibangun dengan dana bantuan pemerintah daerah, yakni satu masjid di Kecamatan Pelawan, satu masjid di Cermin Nan Gedang dan masjid Baiturrohman di Kecamatan Singkut, yang baru saja diresmikan oleh Bupati pada Kamis (5/4) siang kemarin.

"InsyaAllah nanti tahun-tahun berikutnya, setiap kecamatan akan kita bangun satu unit masjid yang akan dibangun Pemda, yaitu masjid kecamatan, " katanya.

Bupati menargetkan pembangunan masjid di sepuluh Kecamatan akan rampung pada dua tahun mendatang, atau paling tidak hingga 2021. " Kita tinggal tujuh masjid lagi, kalau tahun depan dapat tiga, berikutnya empat sudah selesai," ujarnya.

Pemda Sarolangun menganggarkan setiap masjid kecamatan mendapat jatah Rp 1,8 sampai Rp 2 miliar. "Kemarin kita anggarankan Rp 1,8, tapi saya pikir Rp 2 miliar itu sudah pas. Tahun ini kita bangun tiga, masjid cermin nan gedang, Pauh, dan masjid kantor bupati, tiga itu rata-rata Rp 2 miliar per masjid," terang Cek Endra.

Ia juga mengatakan, pada akhir masa periode kepemimpinan sebagai Bupati Sarolangun pada 2022, pembangunan sepuluh masjid di Sarolangun telah rampung dan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk sholat berjamaah. Kata Cek Endra, pembangunan masjid ini juga untuk mendukung program keagamaan yakni sholat berjamaah yang menjadi program unggulan CE-Hilal pada lima tahun ke depan.

"Ini adalah salah satu penyediaan rumah ibadah dari pemerintah, dimana saya berharap bukan hanya Kabupaten yang memiliki masjid yang layak, tetapi juga setiap kecamatan agar masyarakat bisa beribadah dengan nyaman. Makanya pemerintah membangun masjid-masjid di setiap kecamatan, " katanya.

Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help