TribunJambi/

Diduga Ada Warga Asing buat e-KTP Kerinci, Dukcapil Sebut Sudah Selektif

Belum lama ini Dukcapil Kerinci disebut kecolongan dengan ada warga negara asing yang mempunyai e-KTP Kerinci.

Diduga Ada Warga Asing buat e-KTP Kerinci, Dukcapil Sebut Sudah Selektif
ANTARA FOTO/IRWANSYAH PUTRA
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Belum lama ini Dukcapil Kerinci disebut kecolongan dengan ada warga negara asing yang mempunyai e-KTP Kerinci.

Bahkan hal ini menjadi sorotan Sekretaris Daerah Kerinci, Afrizal HS saat pertemuan persoalan WNA dengan Imigrasi Kelas III Kerinci.

Ini membuat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kerinci angkat bicara menyikapi pernyataan Sekda Kerinci terkait informasi adanya Warga Negara Asing (WNA) yang mengantongi e-KTP di Kerinci.

Hakiman, Kepala Disdukcapil Kerinci, mengatakan bahwa pihaknya sangat selektif dalam penerbitan e-KTP.

Bahkan, akunya, pihaknya tidak sembarangan dalam menerbitkan e-KTP bagi masyarakat yang data kependudukannya tidak jelas, apalagi mengeluarkan e-KTP untuk WNA.

"Perlu diluruskan bahwa tidak ada WNA yang punya e-KTP di Kerinci ini. Kita juga tergabung dalam pengawas orang asing, jadi kita tahu aturannya," katanya, Minggu (1/4).

Dia mengatakan, dalam pengurusan e-KTP tidak bisa sembarangan, karena banyak syarat yang mesti dipenuhi calon penerima e-KTP. Termasuk kewarganegaraan serta kependudukannya di Kabupaten Kerinci. Hal ini untuk memperjelas keberadaannya di Kabupaten Kerinci.

"Secara aturan, WNA memang tidak diperbolehkan mengantongi e-KTP, pasalnya WNA bukan berasal dari Kabupaten Kerinci. Yang harus dikantonginya hanya visa dan paspor, kalau e-KTP tidak boleh," pungkasnya. (*)

Tags
E-KTP
Penulis: hendri dede
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help