32 Fintech Sudah Berizin, Hati-hati Menempatkan atau Meminjam Dana

Financial technologi (Fintech) dapat menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan inklusi keuangan

32 Fintech Sudah Berizin, Hati-hati Menempatkan atau Meminjam Dana
TRIBUN JAMBI/FITRI AMALIA
Kepala OJK Provinsi Jambi, Endang Nuryadin

Laporan wartawan Tribun, Jambi Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Financial technologi (Fintech) dapat menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan inklusi keuangan dan menjangkau seluruh masyarakat.

Menurut Kepala OJK Provinsi Jambi, Endang Nuryadin, perbankan dapat berkolaborasi dengan Fintech dalam hal pemberian pinjaman dana.

Dalam menentukan fintech tentu harus yang sudah memiliki izin dari OJK. Saat ini sudah terdapat 32 Fintech per Januari 2018 yang sudah terdaftar di OJK.

Baca: Lama Tak Terdengar, Aturan Cukai Plastik Bakal Terbit Mei 2018

"Jika mau nempatin dana harus lihat fintechnya sudah kantongi izin OJK belum. Nasabahnya pun kalau mau pinjam juga begitu," katanya, Selasa (27/3).

Dia mengatakan, jika perbankan ingin berkolaborasi dengan fintech, beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama terkait manajemen risikonyo. Sebelum menempatkan dana, bank harus melihat history fintech tersebut. Jika tidak bagus manajemen resikonya tentu tidak bisa dalam jangka panjang.

"Fintech ini bagus, bank bisa kolaborasi, Sebab fintech dapat menjangkau seluruh Indonesia dengan kecanggihan teknologi. Hanya modal Smartphone, semua bisa akses," tuturnya.

Hal ini dijelaskannya sesuai dengan strategi OJK 2018 yang mana diharapkan industri jasa keuangan dapat bersinergi dengan fintech.

Ia mengatakan, Fintech disini berperan sebagai sistem penyalur yang tidak memiliki dana. Di sinilah perbankan berperan, perbankan bisa memberi dana kepada Fintech yang kemudian disalurkan kepada debiturnya. Tentunya dalam hal ini perbankan harus tetap menekankan prinsip kehati-hatian.

Baca: Tak Miliki Masalah dengan Jokowi, Demokrat: Hubungan Kami dengan PDI-P Tak Baik

Baca: Trotoar Simpang 3 Tanjung di Sipin Longsor, Warga Seketika Heboh

Financial Technologi ( Fintech) menjadi satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan inklusi keuangan. Layanan tanpa batas yang dapat menjangkau semua masyarakat dengan teknologi. OJK sangat mendukung kehadiran Fintech.

"Jadi Fintech ini ada yang di bawah pengawasan OJK ada yang BI. Yang di awasi OJK adalah pear to pear lendingnya, "ujarnya.

Penulis: fitri
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved