Tiga Pabrik Dibangun di Sarolangun, Cek Endra Minta Masyarakat Pilih Komoditas yang Laku di Pasaran

Bupati Sarolangun Cek Endra meminta agar lahan kosong yang ada di Kabupaten Sarolangun bisa dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi

Tiga Pabrik Dibangun di Sarolangun, Cek Endra Minta Masyarakat Pilih Komoditas yang Laku di Pasaran
TRIBUNJAMBI/TEGUH SUPRAYITNO
Saat mengunjungi SD di Lamban Bangkar, Cek Endra juga memberikan ratusan paket sembako kepada warga, dan memberikan bantuan kepada tenaga guru yang mengajar di sana, Senin (22/1/2018). 

Laporan wartawan Laporan wartawan Tribun Jambi Teguh Suprayitno

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Bupati Sarolangun Cek Endra meminta agar lahan kosong yang ada di Kabupaten Sarolangun bisa dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Hal itu akan berdampak pada upaya penurunan angka kemiskinan dan pengangguran di Sarolangun.

"Saya berharap kita dapat memanfaatkan lahan kosong yang banyak di Sarolangun ini untuk menanam komoditas yang nilainya tinggi, seperti di Batang Asai alhamdulillah masyarakat sudah mulai menanam kopi, menanam nilam," katanya seperti dikutip Tribunjambi.com.

Bupati bilang, masyarakat harus mulai melirik komoditas - komoditas potensial untuk mengganti karet yang harganya kini tak kunjung membaik.

"Kalau karet terus kita ganjot sementara harga karet lima tahun terahir harganya turun ya tidak mungkin kita meningkatkan ini (ekonomi masyarakat), kecuali kita beralih pada komoditas yang bernilai tinggi," kata Cek Endra.

Ia berharap, petani di Sarolangun bisa lebih cerdas dalam memilih komoditas yang laku dipasaran dengan nilai tinggi saat ini.

Untuk mendukung itu, pemerintah akan membantu masalah pemasaran dan membangun pabrik-pabrik pengolah komoditas yang dikembangkan masyarakat.

"Inilah sinergitas yang diperlukan, pemerintah menyiapkan pemasarannya dan masyarakat menyiapkan bahan bakunya," ujar CE.

Saat ini, di Kecamatan Pelawan sedang dibangun pabrik tepung tapioka, pabrik jagung di Singkut dan pabrik pensil yang bahannya dari kayu pulai yang menurut Cek Endra banyak tumbuh di Sarolangun.

"InsyaAllah ini ekonomi kerakyatan, kalau pabriknya sudah ada baru kita dorong untuk petani turun ke lahannya masing-masing menanam komoditas yang dibutuhkan pabrik ini," katanya.

Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help