Musibah Banjir

Sejumlah Desa di Tiga Kecamatan Dilanda Banjir, BPBD Kerinci Siagakan TRC 24 Jam

Hujan yang terjadi di Kabupaten Kerinci mengakibatkan sejumlah desa yang berada di tiga Kecamatan yang ada di Kabupaten Kerinci

Sejumlah Desa di Tiga Kecamatan Dilanda Banjir, BPBD Kerinci Siagakan TRC 24 Jam
TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Hujan yang terjadi di Kabupaten Kerinci mengakibatkan sejumlah desa yang berada di tiga Kecamatan yang ada di Kabupaten Kerinci dilanda banjir. Data yang dihimpun di lapangan, banjir di tiga kecamatan Air Hangat Timur, Kecamatan Depati Tujuh, dan Kecamatan Setinjau Laut, Selasa (20/3). Bahkan sejak Senin malam (13/3) sudah banjir di beberapa desa.

Baca: Ini Data Perceraian Masyarakat Kota Jambi Selama Tiga Tahun Terakhir

Dua desa terendam banjir yakni desa Hiang Karya dan Desa Hiang Tinggi, Kecamatan Sitinjau laut Kerinci. Pantauan di lapangan banjir diakibatkan meluapnya Sungai Batangsangkir yang naik dengan ketinggian mencapai satu meter. Sedangkan di Kecamatan Air Hangat Timur dan Depati Tujuh banjir karena meluapnya Sungai Batang Merao.

Seorang warga Hiang, Ari mengatakan rumahnya terendam banjir sejak Senin malam. Ketinggian air sampai ukuran paha orang dewasa. Sehingga banyak warga setempat yang memindahkan barangnya ke rumah tingkat dua. Sebagain lagi memindahkan ke rumah keluarga yang tidak terkena banjir. "Iya air sudah masuk ke rumah sejak sore tadi sekitar jam lima sore," ungkap Ari warga Hiang.

Camat Setinjau Laut, lndri Firman dihubungi mengatakan kondisi saat ini sebuah masih banjir.

Upaya kecamatan, kata dia, pihaknya sudah menyurati pihak terkait beberapa waktu lalu untuk menormalisasi Sungai Batang Sangkir tersebut. Dikatakannya sudah beberapa kali mengajukan permohonan untuk normalisasi sungai tersebut. "Tapi belum ada respon dari pihak pemkab. Dan untuk tahun ini juga sudah pihak kecamatan ajukan untuk normalisasi sungai Batang Sangkir," ujarnya.

Baca: Megawati Dipuji SBY Sebagai Perempuan yang Sukses, Ini Tanggapan Pihak PDI-P

Baca: Masih Banyak Ternak di Tebo Berkeliaran di Jalan Umum

Indri Firman berharap tahun ini normalisasi bisa dilaksanakan. Selain itu dia meminta warga di Kecamatan Setinjau Laut untuk tetap waspada. Terutama desa yang berada di pinggiran sungai.

Sedangkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kerinci, Darifus mengatakan akhir- akhir ini memang curah hujan cukup tinggi di Kabupaten kerinci. Sehingga menyebabkan beberapa kecamatan terendam banjir.

Halaman
12
Penulis: hendri dede
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help