TribunJambi/

Menilik Hantu di Istana Kepresidenan Hingga Barang-barang Antik yang Kental dengan Ragam Mitos

Semua itu berpuncak ketika pada Maret 2011 saya ditunjuk oleh Sekretariat Negara menjadi narasumber-ahli Panitia Uji Petik, yang tugasnya

Menilik Hantu di Istana Kepresidenan Hingga Barang-barang Antik yang Kental dengan Ragam Mitos
Istana Bogor yang menyimpan banyak koleksi seni | kemdikbud 

TRIBUNJAMBI.COM - Pada tahun 1965 Ayah menghadiahi saya buku Lukisan-lukisan dan Patung-patung Koleksi Presiden Soekarno. 

Baca: Pencarian Dihentikan dan 4 Tahun Sudah Berlalu, Tapi Pria ini Klaim Temukan Mh370 dari Google Earth

Baca: Jangan Minder dengan Tubuh Gemukmu, Karena Bisa Lindungi Kamu dari 4 Penyakit ini

Reproduksi lukisan koleksi Presiden Sukarno yang ada di dalam buku itu menakjubkan. Ayah berkata, “Alangkah beruntungnya apabila suatu hari kelak Ananda bisa melihat langsung lukisan-lukisan itu, di Istana-istana Presiden.” Saya hanya ketawa. 

Tak dinyana enambelas tahun kemudian, 1981, saya mendapat undangan khusus untuk melihat koleksi Istana Presiden di Jakarta. Sepanjang masa jabatan lima presiden, Istana terus mengundang saya untuk mengamati koleksi mereka. 

Semua itu berpuncak ketika pada Maret 2011 saya ditunjuk oleh Sekretariat Negara menjadi narasumber-ahli Panitia Uji Petik, yang tugasnya menominalisasi setiap item benda-benda seni koleksi semua Istana Presiden. 

 
Berkaitan dengan tugas itu saya diminta untuk bekerja dan menginap di berbagai Istana Presiden. Tugas ini telah selesai pada Maret 2012, tepat setahun. 

Lodeh Bung Karno 

Banyak pengalaman menarik di sela-sela kemegahan istana-istana itu. 

Di Istana Bogor misalnya, ada kebiasaan membuat minuman cocktail “Es Merah Putih” untuk menyuguhi tamu seperti kami. Minuman nasionalis itu sederhana saja : kombinasi kolang-kaling merah dengan serutan kelapa muda yang otomatis berwarna putih. 

Halaman
1234
Editor: ekoprasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help