Smart Mom

Tips Berkasih Sayang Antar Saudara Sekandung, Ajak Kakak Berpartisipasi Menjaga Adik

Namun apakah wajar kakak dan adik selalu bertengkar? Padahal rasa kasih sayang termasuk hal yang bisa dilatih sejak kecil.

Tips Berkasih Sayang Antar Saudara Sekandung, Ajak Kakak Berpartisipasi Menjaga Adik
tribunjambi/aldino
Verni Utami dan dua buah hatinya 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Hubungan kakak adik biasanya memang diwarnai perselisihan. Rasa persaingan muncul saat kakak merasa perhatianya teralihkan.

Namun apakah wajar kakak dan adik selalu bertengkar? Padahal rasa kasih sayang termasuk hal yang bisa dilatih sejak kecil.

Verni Utami, seorang guru TK ini membagikan pengalamannya dalam mengajarkan tanggung jawab kepada sang kakak. "Tentunya kakak diajak berpartisipasi dalam setiap kegiatan. Misalnya diajak membereskan mainan bersama-sama," ungkap perempuan 30 tahun ini.

Ia memiliki anak perempuan dan laki-laki yang bernama Fildzah Avedda (6) dan abiyyu khalaf avedda (3). Sejak dari Abiyyu masih dalam kandungan Fildzah diajarkan untuk mengenalkan adiknya dengan cara memberikan pengertian.

"Sebentar lagi adik akan lahir, kalau adik lahir anak mama ada dua, bukan kakak sendiri lagi. Mama sayang semuanya, sayang kakak dan sayang adik," jelasnya.

Dilibatkan juga dalam pembacaan ayat-ayat al-Quran, membaca cerita, serta mengusap-usap adiknya. Sehingga pas adiknya lahir dia tidak terkejut.

Intinya adalah sering diberi berhatian bahwa mamanya sayang keduanya. Selain itu juga diajarkan bagaimana menunjukan sayang kepada adik.

Berebut perhatian itu hal yang pasti. Terkadang sang adik suka jahil untuk berebutan barang. "Berantem pasti ada, namun dengan segera akur kembali," ucapnya.

Bahkan ketika sakit mereka juga saling pengertian. "Diajarkan untuk memegang keningnya dan bilang syafakallah dek atau kak. Diusap-usap mana yang sakit," tuturnya.

Kegiatan bersama-sama lainnya adalah murojaah surah Alquran. Setiap habis magrib selalu murojaah bersama-sama. Ia memang tidak memperdengarkan musik kepada anak-anaknya.

"Anak-anak itu sedini mungkin saya ajarkan sunah-sunah rasul. Dari sejak dua tahun setengah diajarkan membaca Alquran karena mau jadi hafiz. Saat ini yang kakak sudah juz 2 Alquran," ungkapnya. (Nurlailis)

Biodata

Nama: Verni Utami
TTL: Palembang, 17 April 1987
Pekerjaan: guru TK islam plus tahfizh Attaufiq
Nama anak: Fildzah Avedda dan Abiyyu Khalaf Avedda.
Usia anak: Fildzah (6,8 thun)
Abi  (3, 6 tahun)
Nama suami: Agustian

Tags
Smart Mom
Penulis: Nurlailis
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help