TribunJambi/

Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi PBSB Mulai dibuka, Ini Jadwal dan Tahapannya

Kementerian agama Republik Indonesia membuka pendaftaran dan pelaksanaan seleksi program beasiswa santri Berprestasi (PBSB) tahun 2018

Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi PBSB Mulai dibuka, Ini Jadwal dan Tahapannya
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunjambi, Muzakkir

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kementerian agama Republik Indonesia membuka pendaftaran dan pelaksanaan seleksi program beasiswa santri Berprestasi (PBSB) tahun 2018.

Tahun ini ada 290 orang beasiswa untuk ditempatkan di 14 perguruan tinggi atau universitas ternama di Indonesia.

Humas Kemenag Provinsi Jambi M Thoif, saat ini pendaftaran berkas sudah mulai dibuka selama satu bulan yang sudah dimulai sejak kemarin sore (15 Maret,red) dan akan berakhir pada 15 April mendatang.

Setelah semua berkas masuk, panitia akan memverifikasi bahan yang masuk dengan waktu selama 15 hari, yaitu pada tanggal 16 hingga 30 April. Setelah itu, pada 2 Mei panitia akan mengumumkan hasil seleksi bahan tersebut.

Setelah itu ada beberapa tahapan lagi, seperti seleksi nasional pada 14 hingga 18 mei, kemudian Seleksi khusus UNAIR pada 8 Juni.

Setelah itu pengumuman kelulusan dan pengumuman hasil seleksi.

“Pilihan Studi meliputi tiga Bidang Pilihan Studi, yaitu MIPA, IPS, dan keagamaan. Daftar Pilihan studi yang tersedia untuk setiap bidang pilihan sebagaimana pada Daftar (Terlampir). Calon peserta seleksi dapat memilih dua pilihan studi dengan ketentuan pada bidang dan kampus yang sama,” jelas Thoif.

14 kampus yang ditunjuk untuk PBSB tersebut rata-rata berada dipulau Jawa, diantaranya bada Institut Pertanuan Bogor, Institut teknologi 10 november (ITS) Surabaya, UIN Alamuddin Makasar, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Ampel Surabaya,UIN Sunan Djati Bandung, kemudin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Walisongo Semarang, Universitas Airlangga Surabaya.
Selain itu ada Universitas Cendrawasih Jayapura, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan Universitas Al-Azhar Jakarta.

Dari sekian banyak penerimaan beasiswa tersebut, tidak semua kampus mendapatkan jatah yang sama. Ada yang 10 orang, 20 orang, 30 orang, bahkan ada yang 40 orang untuk satu kampus. (*)

Penulis: muzakkir
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help