Astaga, Ariansyah Benarkan Temukan Tabung Gas Subsidi Belum Uji Ulang

Tabung gas tersebut bukan tak layak pakai, namun harus di uji ulang (reparasi ulang) sebab masa reparasi ulang tabung satu periode ...

Astaga, Ariansyah Benarkan Temukan Tabung Gas Subsidi Belum Uji Ulang
tribunjambi/darwin sijabat
Tabung gas 3 kg di lokasi retester dan repaint 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Muzakkir

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kepala Dinas Perindag Provinsi Jambi, Ariansyah, membenarkan saat ini masih ada tabung gas yang sudah tidak seharusnya beredar.

Tabung gas tersebut bukan tak layak pakai, namun harus di uji ulang (reparasi ulang) sebab masa reparasi ulang tabung satu periode atau lima tahun sekali.

"Kalau tahun 2007, harusnya sudah diuji ulang tahun 2012. Trus 2012 harusnya diuji ulang lagi pada 2016. Tapi kita temukan tabung 2012 ada yang belum di Uji ulang," kata Ariansyah.

Melihat banyaknya yang ditemukan dilapangan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pertamina untuk menarik Kampung tersebut dari peredaran.

Selain berkordinasi dengan Pertamina, dirinya menghimbau kepada pangkalan untuk mengecek terlebih dahulu tabung-tabung yang akan dijual kepada masyarakat.

"Masyarakat juga harus jeli. Jangan membeli tabung yang sudah seharusnya diuji ulang, namun belum diuji ulang," ungkap Ariansyah.

Ariansyah memberikan tips untuk memilih tabung gas yang bagus, dimana disebelah kanan pegangan tabung tertulis uji ulang satu, dua, tiga dan empat Romawi. Jika ditabung ada bacaan pembuatan tahun 2007, maka saat ini sudah uji ulang kedua.

"Kalau pembuatan tahun 2007, tapi sekarang tidak ditemukan label Romawi dua, maka tidak usah dibeli, karena tabung tersebut belum diuji ulang," imbuhnya.

Penulis: muzakkir
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved