Zola Segera Kirim Surat ke Perusahaan Batu Bara

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli marah mendapat laporan banyak truk batu bara

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli marah mendapat laporan banyak truk batu bara sering melintas siang hari. Padahal sesuai aturan, truk batu bara beroperasi pada malam hari.

Kata Zola, Pemprov Jambi akan mengirimkan surat kepada perusahaan batu bara yang beroperasi di Jambi. Dirinya setuju apa yang dilakukan oleh mahasiswa kemarin. Sudah ada aturan, kok masih dilanggar. "Berarti mereka tidak menghargai aturan, tak menghargai Pemerintah," ungkap Zola kemarin.

Kata dia, perda Batu bara telah dibuat pada 2014 lalu, di sana telah mengatur jam operasi, muatan dan sebagainya. Pemprov Jambi berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk memonitor dan menertibkan pelanggaran tersebut.

Disebutkannya, ada Perda beserta sanksi yang akan diberikan jika angkutan tersebut melanggar. "Kalau tidak bisa patuhi aturan, keluar saja dari Jambi, dah gampang daripada masyarakat ngamuk," tegasnya.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi Harry Andria mengatakan, masyarakat umum dan angkutan batu bara memiliki hak untuk menggunakan jalan umum.

Hal ini menurutnya tertuang dalam UU Minerba. Namun, angkutan batu bara tersebut harus mengikuti ketentuan yang berlaku. "Kalau sesuai aturan dan tidak melanggar, tentu diperbolehkan melewati jalan umum. Tentu akan kita atur waktu mereka melewati jalan, begitu juga tonase. Supaya tidak ada yang dirugikan," tandasnya. (zak).

Editor: ridwan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help