Jelang Pemilu 2019

Panwaslu Tanjabtim Akan Surati Pengurus Parpol Terkait Baleho Kampanye Bacaleg

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) kembali mengimbau dan mengingatkan kepada

Panwaslu Tanjabtim Akan Surati Pengurus Parpol Terkait Baleho Kampanye Bacaleg
TRIBUN JAMBI/ZULKIFLI
Ketua Panwaslu Kabupaten Tanjabtim, Samsedi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) kembali mengimbau dan mengingatkan kepada pengurus Parpol tingkat DPC terkait larangan melakukan kampanye diluar jadwal yang telah ditentukan.

Hal tersebut dilakukan karena dengan adanya surat edaran dari KPU Nomor 216/PL. 01. 5-SD/KPU /II/2018 tentang Kampanye pada Pemilihan Umum Tahun 2019 yang ditujukan kepada semua partai politik. Ada beberapa point diantaranya hanya boleh melakukan sosialisasi dan pendidikan partai politik dengan pemasangan bendera partai dan nomor urut.

Baca: Bupati Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Musala SMAN 1

Ketua Panwaslu Kabupaten Tanjabtim, Samsedi saat dikonfirmasi, terkait adanya surat edaran tersebut pada Selasa (13/3) menjelaskan, di dalam surat edaran atau surat pemberitahuan itu sudah jelas ada larangan untuk melakukan kampanye diluar jadwal, dalam hal ini tentunya alat peraga kampanye seperti baleho-baleho yang saat ini sudah dipasang di beberapa jalan yang dianggap strategis.

‘’Menanggapi surat edaran tersebut, Bawaslu telah menginformasikan kepada pimpinan Parpol tingkat pusat untuk tidak melakukan kampanye diluar jadwal yang ditentukan. Untuk itu, kami kembali mengingatkan kepada pengurus parpol khususnya tingkat kabupaten agar kiranya memperhatikan imbauan atau pemberitahuan tersebut,’’ jelasnya.

Sebagai perpanjangan tangan Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi jambi, Panwaslu Tanjabtim akan menyurati pimpinan Parpol yang ada untuk dapat menindaklanjuti surat pemberitahuan dari Penyelenggara yang secara jelas tidak diperbolehkan melakukan kampanye diluar jadwal yang telah ditetapkan berdasarkan Undang-undang nomor 7 tahun 2017 pada pasal 275 yang juga tertuang dalam surat edaran yang diterima. Baik yang diterima oleh KPU Kabupaten maupun Panwaslu Tanjabtim.

Baca: Upaya MUI Cegah Aliran Sesat Masuk ke Kabupaten Muarojambi

Baca: Dongkrak Harga Pinang, Disperindag Tanjabtim Gelar Pasar Lelang Agro

‘’Intinya kita akan terus melakukan pengawasan melekat yang ada pada lembaga kami. Seperti pengawasan terhadap tindakan kampanye yang dilakukan oleh partai politik peserta pemilu tahun 2019 khususnya, karena kampanye tersebut dilakukan oleh kandidat Parpol diluar jadwal yang telah diatur dalam aturan jadwal kampanye yang ada,’’ tegasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini pihak Panwaslu Tanjabtim hanya memberitahukan dan mengimbau kepada pengurus Parpol tingkat Kabupaten agar kiranya juga berperan aktif dalam menyukseskan pemilu.

‘’Dalam konteks ini, yakni berperan aktif dalam meneggakkan aturan yang ada, seperti adanya pemberitahuan untuk tidak melakukan kegitan-kegiatan yang bertentangan dengan aturan yang ada. Contohnya melakukan kampanye diluar jadwal yang telah ditentukan, dan hal tersebut dipertegas dalam surat edaran untuk kita Panwaslu Tanjab Timur nomor 0315/K.bawaslu/PM.00.00/II/2018. Untuk itu kita berharap kepada pengurus parpol agar kiranya dapat bekerja sama dalam menyukseskan pemilu 2019 yang akan dilaksanakan nantinya,’’ pungkasnya.

Baca: Pilkada Kerinci - Belum Diganti Uang Survei, Fadli Surati Partai Golkar. Ancam Laporkan ke Polisi

Baca: Dalam Lima Hari 112 Calon Investor Mendaftar. 212 Mart Bakal Menambah Gerai

Penulis: Zulkifli
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help