Home »

Jambi

» Bungo

Jalan Rusak di Bungo Tantangan Kepala OPD, "Kalau Tidak Bisa Mundur Saja"

Tribun mencatat beberapa kali kecelakaan terjadi karena sopir menghindari lobang, terlebih cuaca yag sering hujan badai.

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Jaka Hendra Baittri

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Kecelakaan, kendaraan roda empat di jalur lintas dari Muara Bungo ke arah perbatasan Sumatera Barat, alami rusak parah.

Tribun mencatat beberapa kali kecelakaan terjadi karena sopir menghindari lobang, terlebih cuaca yag sering hujan badai.

Padahal jalur ini merupakan akses distribusi ekonomi. Terbukti beberapa kali yang kecelakaan adalah truk pembawa sawit dan pembawa ayam misalnya.

Selain jalur lintas ada pula jalur ke destinasi wisata Lubuk Beringin. Tribun sempat menyusuri jalan ini dan sempat hampir jatuh ketika cuaca hujan.

Baik jalan ini mau pun jalan ke arah Sumatera Barat adalah jalan nasional.

Tak hanya itu, jalan dalam kota pun ada beberapa bagian yang berloobang. Seperti jalan antara Lintas Sumatera sampai jalan Lebai Hasan yang berada di tengah kota mengalami rusak parah.

Jalan yang hanya memiliki panjang sekitar 150 meter tak kunjung diperbaiki. Hal ini dikeluhkan warga yang sering melintas, Boy.

"Sudah bertahun lamanya jalan ini rusak, tapi belum ada perhatian dari pemerintah. Kami sebagai masyarakat sangat berharap jalan ini bisa secepatnya diperbaiki. Karena kami sangat mengeluh dengan kondisi jalan saat ini," ungkapnya.

Dikatakannya, jika musim hujan tiba, maka jalan ini dipenuhi oleh air. Sementara jika musim panas, jalanan ini menimbulkan debu yang sangat mengganggu kesehatan masyarakat. Bahkan, seringkali terjadi kecelakaan akibat kondisi jalan yang rusak.

Sementara itu pemerintah Kabupaten Bungo melalui Mashuri selaku Bupati sempat mengatakan mengajukan perbaikan jembatan batang Bungo dan Batang Tebo ke pusat. Melihat kondisi ini beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bungo bicara.

Gusriyandi Rivai selaku anggota komisi III DPRD Bungo mengatakan ini ujian untuk pimpinan OPD (Organisai Perangkat Daerah) terkait.

“Ini terkait kebaijakan kepala dinas PU. Di sinilah diuji kemampuan kepala dinas memecahkan permasalahan jalan rusak di Bungo,” katanya, pada Minggu (11/3).

“Meski pun itu jalan nasional dan provinsi atau pun kabupaten, seharusnya cepat diatasi. Jangan hanya menunggu. Harus kejar bola untuk menyelesaikan masalah ini,” kata Ketua DPC PDIP Bungo ini.

Dia mengatakan jika tidak mampu menyelesaikan ini maka kinerja dinas dipertanyakan. "Kalau tidak bisa juga mengatasi permasalahan ini lebih bagus mundur dari OPD tersebut,” katanya. (*)

Penulis: Jaka Hendra Baittri
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help