Fasos dan Fasum di Perumahan Javana Sudah 39 persen

Pengembang perumahan diwajibkan menyediakan Fasilitas Sosial (Fasos) dan Fasilitas Umum (Fasum) sesuai dengan ketentuan yakni 35 persen.

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pengembang perumahan diwajibkan menyediakan Fasilitas Sosial (Fasos) dan Fasilitas Umum (Fasum) sesuai dengan ketentuan yakni 35 persen.

Menurut Iyus Rustandi Site Manager Perumahan Javana bahwa saat ini perumahan Javana sudah memilki fasum dan Fasos hampir 39 persen.

Untuk musala misalnya, ia menyebutkan bahwa beberapa hari lalu pihaknya bersama warga sudah menentukan arah kiblat. "Tinggal pembangunan fisiknya yang akan diteruskan," ujarnya, Minggu (11/3).

Begitu juga dengan sistem keamanan di perumahan Javana. Pihaknya menyebutkan bahwa 30 persen untuk keamanan di perumahan Javana ditanggung oleh pihak Javana.

Terkait dengan pengelolaan sampah warga, pihaknya menyebutkan bahwa sebelumnya sudah ada kesepakatan antara warga dan pihak Javana, bahwa pemungutan sampah, termasuk iuran sampah dan lainnya dikelola oleh warga.

"Untuk sampah, murni dikelola oleh warga," katanya.

Sebelumnya Masrizal, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Jambi mengatakan pihaknya tetap memonitor Fasilitas Umum (Fasum) yang ada di sejumlah perumahan.

"Sekarang kita inventarisir," katanya.

Fasum yang wajib disediakan oleh pihak pengembang yakni 35 persen di antaranya jalan, ruang terbuka hijau.

"Kadang-kadang pihak pengembang hanya menyediakan lahan terbuka. Terserah masyarakat mau membangun apa. Itu sebenarnya tergantung kesepakatan," katanya.

Kesepakatan yang telah dibuat pihak pengembang dan masyarakat tidak lagi dicampuri oleh Pemerintah.

"Gimana kita mau ikut campur, mereka sudah punya perjanjian, intinya tanah fasum harus sesuai," katanya.(*)

Penulis: Rohmayana
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved