SPT Tahunan, Begini Cara Isi Kolom PTKP yang Benar, Ingat Jangan Salah ya!

Wajib Pajak (WP) Orang Pribadi akan diminta mengisi kolom Penghasilan Tak Kena Pajak (PTKP) saat lapor Surat Pemberitahuan Tahunan ( SPT) pajak.

SPT Tahunan, Begini Cara Isi Kolom PTKP yang Benar, Ingat Jangan Salah ya!
KOMPAS / TOTOK WIJAYANTO
Pegawai pajak meneliti kebenaran isi laporan surat pemberitahuan tahunan (SPT) wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta, Pasar Minggu, Kamis (21/4/2016). (KOMPAS / TOTOK WIJAYANTO) 

TRIBUNJAMBI,COM - Wajib Pajak (WP) Orang Pribadi akan diminta mengisi kolom Penghasilan Tak Kena Pajak (PTKP) saat lapor Surat Pemberitahuan Tahunan ( SPT) pajak.

Nah, bagaimana acuan dan cara untuk mengisi PTKP dengan baik dan benar?

Direktorat Jenderal Pajak ( DJP) Kementerian Keuangan melalui laman resminya, www.pajak.go.id, menyertakan cara mengisi PTKP dan panduan menghitung PTKP masing-masing WP.

Hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah formulir mana yang akan digunakan WP untuk lapor SPT.

Formulir yang berbeda ini didasarkan oleh status WP (pegawai/non pegawai) dan besaran penghasilan per tahunnya (di bawah atau di atas Rp 60 juta setahun).
Setelah menentukan formulir mana yang tepat, WP akan menemukan kotak PTKP dan dapat diisi dengan status WP saat ini.

Pilihan untuk kotak status PTKP adalah TK, K, dan K/I. TK berarti WP belum menikah, menikah setelah 1 Januari 2018, menikah namun pisah harta, atau menikah tapi melakukan kewajiban perpajakan secara terpisah dari pasangan.
Untuk pilihan TK, turut disertakan angka Rp 54.500.000.

Kemudian pilihan K digunakan bagi WP yang menikah sebelum 1 Januari 2018 dan salah satu pasangan tidak memiliki penghasilan.

Angka yang disertakan untuk pilihan K ini adalah Rp 58.500.000.

Lalu pilihan K/I, dipakai oleh WP yang menikah sebelum 1 Januari 2018 dan suami-istri memiliki penghasilan serta menggabungkan kewajiban perpajakannya atau menyampaikan satu SPT sebagai pelaporan bersama.

Angka yang disertakan adalah Rp 112.500.000. Setelah mengisi soal status, WP juga diminta untuk menyertakan jumlah tanggungan mereka.

Halaman
12
Editor: bandot
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help