Husairi Klaim TPA Sampah Merangin Terbaik se-Provinsi Jambi! Ternyata Ini Caranya Menimbun Sampah

empat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Kabupaten Merangin di kawasan Desa Langling, diklaim Pjs Bupati Merangin

Husairi Klaim TPA Sampah Merangin Terbaik se-Provinsi Jambi! Ternyata Ini Caranya Menimbun Sampah
tribunjambi/herupitra
Husairi saat berkunjung ke TPA sampah Kabupaten Merangin, Jumat (2/3/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Kabupaten Merangin di kawasan Desa Langling, diklaim Pjs Bupati Merangin, Husairi merupakan TPA terbaik di Provinsi Jambi.

Hal tersebut ditegaskan Husairi saat berkunjung ke TPA itu pada, Jumat (2/3) lalu.

“Sistem pengelolaan sampah di TPA Merangin ini memang sangat beda dibandingkan dengan pengelolaan sampah di TPA lainnya. Jadi inilah yang membuat Merangin selalu meraih Piala Adipura,” ujar Pjs Bupati.

Pengelolaan sampah itu jelas Husairi, awalnya dibuat lubang sedalam tujuh meter seluas lapangan bola.

Lubang itu kemudian diisi sampai sampah merata selapangan bola setebal dua meter, lalu ditimbum dengan tanah secara merata pula.

Dijelaskannya, sebelum ditimbun tanah, diberi pipa paralon empat inchi berdiri yang tersusun dengan jarak yang sama. Pipa tersebut untuk mengeluarkan gas dari tumpukan sampah yang tertimbun.

Selanjutnya ditumpuki sampah lagi dan ditimbun tanah lagi, sehingga sampai berlapis-lapis. Hingga 20 tahun diperkirakan lubang seluas lapangan bola itu telah menjadi gunung tumpukan sampah.

“Dari pipa-pipa itu setelah tutupnya dibuka, akan mengeluarkan gas yang bisa disalurkan ke rumah-rumah untuk kebutuhan bahan bakar gas buat memasak. Cara pengelolaan sampah inilah yang paling aman,” terang Husairi.

Setelah gasnya habis, baru sampah yang telah menjadi kompos itu bisa dimanfaatkan. Yakni digali dan dijadikan pupuk organik yang sangat bermanfaat bagi para petani.

Begitu juga dengan pengelolaan sampah tinja rumah tangga. Tinja yang disedot dari WC rumah tangga itu, diolah menjadi pupuk kering yang sangat bermanfaat untuk kesuburan tanah. (*)

Penulis: heru
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help