Konsumsi Premium di Jambi Turun 30 Persen, Banyak yang Beralih ke Pertalite

Kondisi itu menandakan pemakaian bahan bakar beralih ke bahan bakar yang lebih berkualitas.

Konsumsi Premium di Jambi Turun 30 Persen, Banyak yang Beralih ke Pertalite
Tribun Jambi
Pengguna Pertalite di SPBU. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Selama 2017, tingkat konsumsi bahan bakar minyak jenis premium di Provinsi Jambi menurun 30 persen. Penurunan terjadi karena permintaan juga menurun. Itu disampaikan Hermansyah Y Nasroen, Region Manager Communication and CSR Pertamina Sumbagsel, Senin (26/2).

"Tingkat konsumsi premium selama periode 2017, mencapai 218.664 kiloliter, turun 30 persen dibandingkan tahun 2016 yang jumlah pemakaiannya 333.410 kiloliter," ujarnya.

Total tingkat perbandingan pemakaian bahan bakar minyak jenis premium selama periode sama mencapai 48 persen. Sedangkan, untuk tingkat pemakaian jenis pertalite mencapai 58 persen.

Ini menandakan pemakaian bahan bakar beralih ke bahan bakar yang lebih berkualitas.

BBM jenis premium yang disalurkan ke Provinsi Jambi sudah sesuai dengan permintaan masyarakat.

Ia mengatakan saat ini masyarakat banyak yang lebih memilih bahan bakar minyak yang memiliki kualitas kadar oktan yang lebih tinggi, yang membuat pembakaran menjadi lebih sempurna.

Mesin-mesin kendaraan keluaran terbaru telah memberi respons kinerja yang lebih baik pada gasoline beroktan lebih tinggi, sehingga masyarakat memilih gasoline beroktan tinggi.

"Sekarang kendaraan keluaran baru mensyaratkan penggunaan bahan bakar minyak berkualitas dan selisih harga pertalite tidak terlalu besar dengan premium," ujarnya.

Vina, konsumen pertalite, mengaku lebih nyaman mengendarai sepeda motornya dengan menggunakan pertalite atau pertamax.

"Tarikan gasnya berasa lebih halus kalo pake pertalite, dari motor keluar diler pakenya pertalite, kadang aku juga pake pertamax katanya buat jaga mesin ya," tuturnya.

Penulis: fitri
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved