Sungai Penuh Akan Terapkan Perda Zakat

Warga Kota Sungai Penuh yang ingin melaksanakan ibadah haji dan zakat akan semakin mendapat kemudahan,

Sungai Penuh Akan Terapkan Perda Zakat
Ilustrasi

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIPENUH - Warga Kota Sungai Penuh yang ingin melaksanakan ibadah haji dan zakat akan semakin mendapat kemudahan, pasalnya pemerintah setempat sedang menyiapkan Peraturan Daerah tentang Zakat dan Haji. Pemkot Sungai Penuh menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Kerinci, guna merancang naskah akademik perda tersebut. Penandatangan MoU dilakukan di Kampus Utama IAIN Kerinci, Desa Sumur Gedang Kecamatan Pesisir Bukit, Selasa (13/2).

Baca: Kapolda Benarkan Pelaku Penembakan Bripka Fajar Ditangkap

Kabag Kesra Pemkot Sungai Penuh, Safrun, mengatakan Perda Zakat dan Haji sangat penting. untuk memaksimalkan potensi zakat dan pelayanan jamaah calon haji di Kota Sungai Penuh.

Menurutnya, Pemkot sudah menerapkan zakat profesi sebesar 2,5 persen bagi PNS di lingkup Pemkot Sungai Penuh, namun realisasinya baru 70 persen. Untuk itu, perda ini diharapkan dapat memaksimalkan potensi zakat. Sedangkan perda haji dibutuhkan, agar pemkot bisa membantu biaya-biaya jamaah calon haji yang selama ini belum terakomodir.

“Selama ini, dana pengangkutan bagasi belum tersentuh, yang ada untuk jamaah haji,” ungkap Kasi Haji Kemenag Kota Sungai Penuh, H. Zainuddin.

Kepala LPPM IAIN Kerinci Rasyidin saat membacakan naskah MoU mengatakan, dalam kerja sama ini, Pemkot Sungai Penuh berkewajiban mengumpulkan data, menyiapkan dana dan mencetak naskah akademik, sedangkan LPPM bertanggung jawab mengolah dan menganalisa data tersebut hingga menjadi draft peraturan daerah.

Baca: FOTO: Massa Pendukung Calon Bupati Bentrok, Aparat Kepolisian Berodong Tembakan

Baca: Maret, Ustaz Abdul Somad Dijadwal ke Jambi, Hadiri Tabligh Akbar di Kabupaten Muarojambi

Sementera itu, Rektor IAIN Kerinci, Dr. Y. Sonafist, M.Ag dalam menyambut baik kerja sama antara Pemkot Sungai Penuh dan LPPM IAIN Kerinci. Dirinya berharap MoU ini, tidak terbatas hingga penyusunan naskah akademik saja, namun dibuktikan dalam hal kesepahaman antara kedua belah pihak.

Pada kesempatan itu, Sonafist juga menekankan pentignya membayar zakat bagi umat Islam. Dikatakan Rektor bahwa Zakat itu membersihkan harta, karena di dalam harta ada hak orang lain yang harus ditunaikan.

“Perumpamaan zakat itu, seperti air sumur, semakin ditimba semakin jernih, oleh karena itu saya menyambut baik kerja sama ini,” pungkasnya.

Baca: Jembatan Penghubung Jalan 21 ke Paal 12 di Rimbo Bujang Segera Terealisasi

Baca: FOTO: Jalan Kota Sungai Penuh Masih Banyak yang Rusak Parah

Baca: Foto Tanpa Busana Oknum Satpol PP Merangin Beredar, Sekda Bentuk Tim Pencari Fakta

Penulis: hendri dede
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help