TribunJambi/

Ratusan Kelompok Tani Tak Aktif di Kerinci, akan Dilakukan Verifikasi Ulang

Kelompok tani dalam Kabupaten Kerinci, akan dilakukan verifikasi ulang oleh Dinas Tanaman Pangan dam Holtikultural Kabupaten Kerinci.

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Kelompok tani dalam Kabupaten Kerinci, akan dilakukan verifikasi ulang oleh Dinas Tanaman Pangan dam Holtikultural Kabupaten Kerinci.

Hal ini untuk melihat kelompok tani masih aktif dan memiliki kegiatan di setiap desa dalam kabupaten Kerinci. Pasalnya ada ratusan kelompok tani dari ribuan jumlahnya sudah tak aktif lagi di Kerinci.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikulturan Kerinci, Radium Halis mengatakan untuk kelompok tani perlu dilakukan verifikasi ulang, sebab masih ada kelompok tani yang kurang aktif.

"Ya, verifikasi ini, untuk meaktifkan kegiatan di setiap kelompok tani, kan untuk kelompok tani harus jelas programnya. Harus memiliki lahannya baik lahan kering maupun lahan basah," jelasnya.

Selain itu, kata Radium Halis, verifikasi ini juga untuk melihat kelompok tani yang pengurusnya sudah tidak ada lagi atau sudah jadi PNS.

"Kan bisa saja ada yang pengurusnya sudah berganti, makanya kita cek," sebutnya.

Berdasarkan data dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikutural Kabupaten Kerinci, untuk jumlah kelompok tani yang terdaftar sebanyak 2.555 kelompok tani yang tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Kerinci.

Dia menjelaskan untuk proses membentuk kelonpok tani, adalah melalui SK dari Kepala Desa (Kades) dan diketahui dari Pendamping penyuluh lapangan di kecamatan masing-masing.

"Kita minta kepada Kadesnya dapat selektif dalam menerbitkan SK kelompok tani, karena syaratnya harus memiliki lahan dari anggota kelompok," katanya.

Bahkan data yang disampaikan dinas pertanian mencapai 2.205 kelompok pada 2016 lalu. Namun demikian informasinya banyak kelompok tani didua fiktif atau dadakan.

Halaman
12
Penulis: hendri dede
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help