TribunJambi/

Pasti Banyak yang Rasakan ini, Selangkangan Gatal? Bisa Jadi Anda Kena Scabies

Penyebab utama scabies pada manusia tidak lain dikarenakan oleh tungau delapan kaki, yang secara ilmiah dinamakan sarcoptes scabiei

Pasti Banyak yang Rasakan ini, Selangkangan Gatal? Bisa Jadi Anda Kena Scabies
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Penyebab utama scabies pada manusia tidak lain dikarenakan oleh tungau delapan kaki, yang secara ilmiah dinamakan sarcoptes scabiei.

Binatang berkaki banyak ini hampir tidak terlihat secara kasat mata dan hanya dapat dilihat oleh kaca pembesar atau mikroskop.

Scabies ini menaruh telur dan berubah menjadi larva pada permukaan kulit hingga dewasa.

Baca: Simak! Peneliti Menemukan Bahwa Pekerja yang Sering Bercinta Miliki Gaji Tinggi, Apa Iya?

Baca: Inilah Pemenang Lomba Faber Castell Family Art Competition

Saat tungau tumbuh, mereka secara terus menerus menggali ke dalam kulit di mana dapat menimbulkan perasaan gatal setelah empat minggu dari kejadian tersebut.

Maka itu, scabies dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan akan terus menerus menimbulkan sensasi gatal dan sulit untuk hilang.

Dokter Mira Delima, Asikin yang merupakan dokter di RS Untan Pontianak, mengatakan, scabies adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit sarcoptei scabiei.

Baca: Subhanallah! Belum Pernah Lihat Isi Dalam Kakbah? Yuk Intip Disini

Baca: Belum Punya Keturunan? Konsumsi Daun ini Buat Mewujudkannya, Begini Cara Meramunya

"Gejala-gejala dimulai dengan gatal disela jari-jari tangan kemudian menyebar ke seluruh tubuh, ada juga yang dimulai dari selangkangan (daerah kantong buah zakar) khususnya pada pria," terangnya kepada Tribunpontianak.co.id Senin (12/1/2015).

Selain gatal lanjutnya, juga ada wujud kulit berbentuk bintil-bintil kecil, gatal biasa terjadi di malam hari. Faktor risiko seperti kebiasaan higiene pakaian dan kamar yang kurang, hidup beramai-beramai dalam satu kamar.

Baca: Warga Sebrang Masih Andalkan Ketek Sebagai Sarana Transportasi, Ternyata Ini Alasan Mereka

Baca: Ada Keuntungan di Balik Tahi Lalat Anda, Lihat Disini Untuk Mengetahuinya

Jika terjadi gejala tersebut, Mira menyarankan untuk memastikan diagnosis ke dokter terdekat, kemudian cuci pakaian, seprai dalam air panas selama 30 menit, dan jemur di terik matahari, dan harus disetrika.
 

Editor: ekoprasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help