Rooswiadji Membongkar Rahasia Kopi Kerinci yang Nikmat, Ternyata Ini Penyebabnya

"...program ini untuk meningkatkan kualitas baik dari petaninya sendiri maupun hasil produksi kopi tersebut,"

Rooswiadji Membongkar Rahasia Kopi Kerinci yang Nikmat, Ternyata Ini Penyebabnya
Tribun Jambi
Festival Kopi Kerinci Pusako Tanah Surga yang di gelar WWF Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Festival Kopi Kerinci Pusako Tanah Surga yang di gelar WWF Indonesia, memberikan udara segar bagi petani kopi Sungai Penuh, Rabu (24/1).

Tim Leader WWF Indonesia, Tri Agung Rooswiadji, mengatakan telah mendampingi petani kopi di Kabupaten Kerinci selama setahun terakhir.

"Pendampingan yang dilakukan oleh WWF Indonesia mengajarkan cara merawat pohon kopi dan memaksimalkan hasil dari buah kopi," katanya.

Selain itu, pendampingan ini memberikan pengolahan biji kopi yang baik dan benar sesuai standar nasional dan internasional.

"Kami di sini membantu peralatan kopi mulai dari pulper 11 unit, huller empat unit roasting empat unit , grinder empat unit mesin jahit karung 11 unit hingga alat untuk menggukur kadar air kopi 11 unit," ujarnya.

Dia menjelaskan pada awalnya kelompok tani dampingan WWF hanya 10 kelompok termasuk tiga kelompok perempuan.

Seiring berjalannya program ini ada kelompok baru lagi yang tertarik untuk ambil bagian dalam program ini. Total kelompok yang terbentuk hingga saat ini mencapai 17 kelompok, dengan empat di antaranya Kelompok Tani Wanita (KWT).

"Semua yang dilakukan melalui program ini untuk meningkatkan kualitas baik dari petaninya sendiri maupun hasil produksi kopi tersebut," katanya.

Program WWF yang diimplementasikan bersama LSM Lahar di 10 desa dampingan dan pemberian alat pengolah kopi untuk membantu petani kopi organik dan pengayaan dari kopi tersebut.

Halaman
123
Penulis: Nurlailis
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help