TribunJambi/

Pembangunan Jalan

Peningkatan Ruas Jalan Eks Trans Air Hitam Masuk Prioritas, Zola: Sebagai Gubernur Saya Harus Adil

Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli berkomitmen akan meningkatkan ruas jalan eks trans di Kecamatan Air Hitam, Sarolangun

Peningkatan Ruas Jalan Eks Trans Air Hitam Masuk Prioritas, Zola: Sebagai Gubernur Saya Harus Adil
TRIBUNJAMBI/HERUPITRA
Jalan Air Hitam yang rusak parah 

Laporan wartawan Tribun Jambi, Teguh Suprayitno 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli berkomitmen akan meningkatkan ruas jalan eks trans di Kecamatan Air Hitam,  Sarolangun. Bahkan ruas jalan tersebut masuk dalam program prioritas infrastrukturnya.

"Untuk infrastruktur selalu menjadi prioritas, kami bagi-bagi tadi, Pak Bupati menyampaikan jalan menuju Air Hitam itu wewenang pemerintah provinsi yang lainnya pemerintah kabupaten.  Memang harus seperti itu. Kenapa, karna biayanya tidaklah kecil,  panjang jalan banyak sekali, walaupun infrastruktur sudah menjadi prioritas," kata Zola, pada wartawan saat mengunjungi  Pondok Pesantren Al-Fatah Singkut, baru-baru ini.

Baca: Kepala UPTD Samsat Muarojambi Ditetapkan Jadi Tersangka

Namun, peningkatan jalan eks trans Air Hitam tak bisa dilakukan secepatnya. Sebab pemerintah provinsi tak bisa hanya fokus untuk perbaikan jalan di Sarolangun saja, tetapi harus imbang di 11 Kabupaten dan Kota di Jambi.

"Ingat yang dibangun bukan hanya Sarolangun saja, tetapi 11 kabupaten/kota," jelas Zola 

Perlu adanya sinergisitas ketika jalan nasional dibangun oleh Kementerian PU, kemudian disambut pemerintah provinsi,  Zola sebut perihal semacam ini sangat menyambung sekali, kemudian disambut lagi kabupaten/kota.

Gubernur juga menjelaskan, jika pembangunan jalan dilakukan bersinergi dengan pemerintah pusat dan kabupaten. Karena banyaknya jalan yang rusak, perbaikan atau peningkatan jalan harus melihat prioritas, terutama jalan yang menjadi akses utama dan menunjang laju perekonomian di masyarakat. 

"Inikan namanya bersinergi, nah jadi diprioritaskan jalan apa yaitu jalan produksi, tidak mungkin kita bangun dalam satu tahun semuanya dibangun itu tidak mungkin, seperti arahan dari presiden karena presiden juga melakukan hal yang sama," katanya.

Baca: Masyarakat Tak Perlu Panik, Stok Beras di Jambi Cukup Untuk 4 Bulan ke Depan

Baca: Diduga Terlalu Banyak Menggunakan Perhiasan Emas, Upik Dijambret di Pematang Kandis Bangko

Akan tetapi, dirinya tetap berkomitmen akan meningkatkan jalan tersebut, sebab jalan menuju Air Hitam merupakan jalan produksi perekonomian masyarakat setempat, bahkan jalan tersebut merupakan satu-satunya jalan poros untuk mengangkut hasil penen petani termasuk Suku Anak Dalam di Air Hitam.

Namun, ia menegaskan pembangunan jalan tak bisa dilakukan sekaligus, tetapi harus bertahap, mengingat biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. 

"Iya secara bertahap, kalau ditanya kapan 100 persen nanti kabupaten kota lainnya marah pula pada saya, saya selaku Gubernur harus adil dan semua akan kita bangun tidak ada yang dianak emaskan, tapi semuanya bertahap," pungkas Zola. 

Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help