Syarif Fasha dan YSKI Sambangi Penderita Kanker di Eka Jaya

Di RT 24, Fasha menyambangi rumah Mbah Slamet (62), panggilan warga sekitar bagi penderita kanker hati

Syarif Fasha dan YSKI Sambangi Penderita Kanker di Eka Jaya
IST
Syarif Fasha dan YSKI Sambangi Penderita Kanker di Eka Jaya 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Di sela-sela kesibukannya, Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, memperhatikan kondisi masyarakat yang membutuhkan bantuan pemerintah.

Pada Jumat (12/1) pagi, bersama Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia (YSKI) Jambi, Fasha mengunjungi warga RT 24 dan 29, Kelurahan Ekajaya, Kecamatan Paal Merah. Dia memberikan bantuan dana pengobatan bagi masyarakat tidak mampu penderita kanker dan penyakit kronis lainnya.

Di RT 24, Fasha menyambangi rumah kediaman Mbah Slamet (62 tahun), panggilan warga sekitar bagi penderita kanker hati itu. Hidup menumpang dirumah dan lahan milik orang lain, Mbah Slamet selama ini hanya bisa berpasrah diri akan penyakit yang dialaminya. Berkat kepedulian dan informasi warga sekitar, Pemkot Jambi bersama Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia pun menyerahkan bantuan dana pengobatan bagi Mbah Selamet.

Mbah Selamet pun tampak haru mendapat perhatian dan dikunjungi oleh orang nomor satu di Kota Jambi tersebut. Hanya ucapan terima kasih yang terucap dari kakek yang dalam kondisi lemah akibat penyakitnya tersebut.

Dilokasi kedua yang tidak jauh dari kediaman Mbah Selamet, Wali Kota Fasha menyerahkan bantuan serupa kepada Rauf dan Ratna, sepasang suami istri yang sama-sama menderita penyakit stroke. Saat dikunjungi Fasha, terlihat Rauf maupun istrinya, dalam kondisi terbaring lemah akibat penyakitnya tersebut.

Kepada sang anak warga, Syarif Fasha mengungkapkan rasa prihatinnya atas kondisi yang dialami oleh kedua orang tuanya tersebut. Seraya mendoakan, Wali Kota Fasha juga menginformasikan layanan kesehatan 119 dan homecare yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Jambi, terutama untuk kasus kesehatan yang menimpa kedua orang tuanya.

Dia mengungkapkan bahwa kegiatan sosial yang telah dilakukannya bersama YSKI hari ini, diharapkan dapat bermanfaat dan menginspirasi untuk masyarakat dan lembaga sosial lainnya.

"Kami berharap bahwa semoga bantuan sosial ini bisa sedikit meringankan beban masyarakat yang menderita kanker dan penyakit kronis lainnya untuk dapat segera berobat. Semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat dimanfaatkan secara maksimal serta mendapat ridho Allah SWT. Kami juga mendoakan semoga warga kami lainnya yang sedang sakit, segera dipulihkan oleh Allah.
Kami juga turut mengapresiasi Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia yang telah bersama kami melaksanakan kegiatan ini. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi dan terus berlangsung, bermanfaat bagi warga kami," ujar Fasha

Kehadiran sosok seorang Wali Kota Fasha, tampaknya bagaikan obat penawar yang memberikan secercah harapan kepada siapapun yang dikunjunginya. Hal tersebut terbukti saat Bapak Rauf yang terbaring lemah, menguatkan dirinya untuk menemui Wali Kota Fasha yang hendak pulang menaiki kendaraan dinasnya.

Dengan penuh perjuangan dan dituntun oleh anaknya, dirinya memaksakan diri untuk menyapa Wali Kota Fasha. Tiada kata yang terucap darinya, namun raut wajahnya menyiratkan rasa terima kasihnya atas perhatian Wali Kota Fasha atas dirinya dan keluarganya.

Tidak hanya itu, pesona seorang Wali Kota Fasha pun turut menginspirasi Vivi, seorang ibu muda yang sedang hamil besar. Dirinya sejak dahulu memang ngidam dan sangat ingin berfoto langsung bersama Wali Kota Fasha.

"Alhamdulillah kesampaian kami biso berfoto samo Pak Wali Fasha. Dari dulu memang sudah ngidam foto sama beliau. Mudahan anak kami biso kayak beliau," sebutnya

Tercatat sejak memulai kepemimpinannya di Kota Jambi, Fasha telah melahirkan berbagai inovasi popoler di dunia kesehatan bagi masyarakat Kota Jambi.

Di antaranya, pertanggungan pembayaran premi Jamkesda (kini JKN-KIS) bagi masyarakat miskin Kota Jambi, pendelegasian kewenangan bagi Ketua RT untuk menerbitkan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) untuk berobat gratis bagi masyarakat tidak mampu di puskesmas dan RSUD H. Abdul Manap, layanan darurat call center 119 yang terintegrasi dengan layanan home care, revitalisasi sarana prasarana Puskesmas, pembangunan RS Abdurrahman Sayoeti dan bantuan biaya rujukan berobat bagi masyarakat tidak mampu ke luar daerah Jambi. (*)

Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved