Diet Gizi Seimbang Untuk Penderita Obesitas

Obesitas merupakan kondisi pada tubuh di mana terjadi penumpukan lemak yang berlebih melebihi kapasitas

Diet Gizi Seimbang Untuk Penderita Obesitas
Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Obesitas merupakan kondisi pada tubuh di mana terjadi penumpukan lemak yang berlebih melebihi kapasitas batas yang baik untuk kesehatan.

Obesitas tidak hanya berdampak pada penampilan fisik saja namun juga meningkatkan resiko dalam kondisi kesehatan penderitanya seperti jantung, diabetes dan darah tinggi.

“Tingkat obesitas dan adanya penyakit yang menyertai akan mempengaruhi terapi,” tutur dokter rumah sakit siloam Jambi, dr. Raihanah Suzan, M. Gizi, Sp. GK.

Ia menjelaskan penanganan umum untuk setiap tingkat obesitas adalah dengan mengatur makan atau yang kita kenal dengan diet gizi seimbang dan olahraga secara teratur.

“Komposisi gizi seimbang itu sesuai dengan kebutuhan metabolisme tubuh kita. Selain itu diet gizi seimbang dan olah raga teratur juga mencegah terjadinya "efek yoyo" pada pasien yang sedang menjalani terapi penurunan berat badan.

Pada obesitas yang lebih kompleks maka diperlukan pemberian obat-obatan atau tindakan operasi bariatrik (lambung pasien di ikat atau dipotong),” jelasnya.

Efek yoyo merupakan kondisi di mana berat badan naik setelah berhenti melakukan program penurunan berat badan. (Cul)

Penulis: Niko Firmansyah
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help