Jambi Berpotensi Hujan Ringan Sepekan ke Depan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Prospek cuaca satu minggu ke depan di wilayah Provinsi Jambi untuk 12 hingga 18

Laporan wartawan Tribun Yoga

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Prospek cuaca satu minggu ke depan di wilayah Provinsi Jambi untuk 12 hingga 18 Januari, berpotensi hujan ringan.

Kepala Stasiun Meteorologi Klas I Sultan Thaha Jambi, Nurangesti Widyastuti mengatakan, hasil pantauan menyebutkan adanya tekanan tinggi di utara khatulistiwa dan siklon tropis "Joyce" dengan pusat tekanan rendah 990 hpa di perairan Barat Australia.

Hal ini, sambungnya menimbulkan perbedaan gradien tekanan mengakibatkan peningkatan kecepatan angin di wilayah Indonesia bagian Barat. Untuk satu minggu ke depan cuaca di wilayah Provinsi Jambi umumnya cerah berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah provinsi Jambi pada malam dan dini hari.

"Angin permukaan di wilayah Provinsi Jambi umumnya bertiup dari Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan 05 - 40 km/jam," jelasnya. Selain itu, tinggi gelombang laut rata-rata di perairan Timur Jambi berkisar antara 0.5 sampai 3.0 meter.

Ia mengimbau ke masyarakat untuk mewaspadai potensi angin kencang di seluruh wilayah provinsi Jambi yang dapat mencapai 40 km/jam. Untuk masyarakat dan nelayan yang tinggal di sekitar pesisir Timur Jambi waspadai kenaikan tinggi gelombang yang dapat mencapai 2,0 hingga 3.0 meter di Selat Berhala dan Perairan Kepulauan Lingga. (cyo)

Penulis: Leonardus Yoga Wijanarko
Editor: ridwan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help