Kedai Kopi Asal Amerika Serikat Pesan 18 Ton Kopi Arabica Kerinci, Apa Sih Kelebihan Kopi Kerinci?

Vigilante Coffe Company merupakan kedai kopi independen yang berpusat di Washington DC Amerika Serikat.

Kedai Kopi Asal Amerika Serikat Pesan 18 Ton Kopi Arabica Kerinci, Apa Sih Kelebihan Kopi Kerinci?
TRIBUNJAMBI/Niko Firmansyah
Awan Suryo Prasetyo 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Vigilante Coffe Company merupakan kedai kopi independen yang berpusat di Washington DC Amerika Serikat.

Mereka membeli langsung kopi dari petani di Indonesia, termasuk kopi arabika Kerinci, Kamis (11/1).

Green bean buyer Vigilante Coffe Company, Awan Suryo Prasetyo mengatakan kedai kopi Vigilante telah memesan biji kopi (green bean) giling basah sebanyak satu kontainer atau 18 ton yang dibeli langsung ke petani di Kerinci.

"Kita membangun hubungan langsung dengan petani, karena kalau kita ingiN kopi yang bagus kita bisa kasih tahu mereka (petani) bagaimana kriterianya,"jelasnya.

Ia menjelaskam di Provinsi Jambi, kopi arabika Kerinci tersebut hanya tumbuh di wilayah Kabupaten Kerinci yang merupakan daerah dataran tinggi dengan ketinggian 1.400-1.700 meter dari permukaan laut (MDPL).

Selain arabika, Jambi juga memiliki jenis tanaman kopi lainnya slerti Robusta yang tumbuh di wilayah Kabupaten Merangin yang merupakan daerah dataran sedang dan Kemudian kopi jenis Liberika yang tumbuh di lahan gambut

"Jenis robusta dengan ketinggian rata-rata 800 MDPL dan liberika dengan ketinggian 0-100 MDPL,"katanya.

Ia menambahkan untuk menjadi komoditas unggulan ekspor di Indonesia, petani atau pun prosesor kopi arabika Kerinci sangat dibutuhkan konsistensi terutama pada panen hingga proses pascapanen.

Jika petani atau pun proses kopi tidak konsisten pada proses itu demi mengejar untuk memenuhi pasokan, maka bisa membuat biji kopi tidak berkualitas sehingga pembeli atau buyer akan beralih.

"Harus konsisten misalnya petik matang konsisten, kemudian proses pascapanen karena itu akan menentukan kualitas biji kopi yang bagus,"pungkasnya.

Penulis: Niko Firmansyah
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved