TribunJambi/
Home »

News

» Sains

Jadi Google Doodle, Ini Fakta Tentang Bunga Rafflesia Arnoldii, Nomor 4 Miris Banget!

Google Doodle hari ini , Selasa (9/1//2018), menyuguhkan gambar bunga Rafflesia Arnoldii yang sedang mekar

Jadi Google Doodle, Ini Fakta Tentang Bunga Rafflesia Arnoldii, Nomor 4 Miris Banget!

TRIBUNJAMBI.COM - Google Doodle hari ini , Selasa (9/1//2018), menyuguhkan gambar bunga Rafflesia Arnoldii yang sedang mekar dilengkapi tulisan "25th Anniversary of Rafflesia Arnoldii".

Pada hari ini, Google sedang memperingati ulang tahun ke-25 penetapan rafflesia anoldii sebagai Bunga Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 yang diteken oleh Presiden Soeharto.

Sesuai Keputusan Presiden, ada 3 jenis bunga dinyatakan sebagai Bunga Nasional. Ketiga bunga tersebut, yakni melati (Jasminum sambac), sebagai puspa bangsa; anggrek bulan (palaonopsis amabilis), sebagai puspa pesona; dan rafflesia arnoldii sebagai puspa langka.

Berikut sejumlah fakta tentang Rafflesia Arnoldii yang dikutip dari situs wikepdia

1. Bunga Terbesar di Dunia

Rafflesia Arnoldii
Rafflesia Arnoldii ()

Padma raksasa (bahasa Latin: Rafflesia arnoldii) adalah tumbuhan parasit obligat yang terkenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar, bahkan merupakan bunga terbesar di dunia.

Ia tumbuh di jaringan tumbuhan merambat (liana) Tetrastigma dan tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesis.

2. Ditemukan Pertama Kali di Bengkulu

Bunga Rafflesia Arnoldii
Bunga Rafflesia Arnoldii ()

Penamaan bunga raksasa ini tidak terlepas oleh sejarah penemuannya pertama kali pada tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu (Sumatera) di suatu tempat dekat Sungai Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan, sehingga Bengkulu dikenal di dunia sebagai The Land of Rafflesia atau Bumi Rafflesia.

3. Berasal dari Gabungan Dua Nama Orang

Halaman
123
Penulis: rida
Editor: rida
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help