Erosi Ancam Jalan Empat Desa di Kecamatan Bathin VIII, Kades: Kami Khawatir Nian!

Derasnya hujan yang turun beberapa hari ini mengancam tebing jalan poros Desa Pulau Buayo di Kecamatan Bathin VIII Kabupaten Sarolangun.

Erosi Ancam Jalan Empat Desa di Kecamatan Bathin VIII, Kades: Kami Khawatir Nian!
TRIBUN JAMBI/TEGUH SUPRAYITNO

Laporan wartawan Tribun Jambi Teguh Suprayitno 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Derasnya  hujan yang turun beberapa hari ini mengancam tebing jalan poros Desa Pulau Buayo di Kecamatan Bathin VIII Kabupaten Sarolangun.  Kondisinya terus terkikis kena erosi akibat arus sungai yang mengalir deras.

Kepala Desa Pulau Buayo, Hanafi mengaku sangat khawatir sebab jalan tersebut merupakan satu-satunya akses warga setempat keluar menuju ibu kota kecamatan dan ibu kota kabupaten.

 "Kita sangat khawatir, kalau tebing runtuh otomatis jalan pasti putus, nah desa kami, Rantau Gedang, Muaro Lati dan Tanjung Gagak aktivitas warga pasti putus sebab itu jalan satu satunya menuju keluar, " katanya Senin (01/01).

Baca: Nasib Pegawai UPTD Pendidikan Pasca-dihapus, Sudirman: Pasti Semua Punya Posisi

Hanafi juga menuturkan, ketika turun hujan deras tebing sungai terus terkikis arus sungai. Katanya saat ini badan jalan di Pulau Buayo yang menghubungkan dengan Desa Rantau Gedang, Muaro Lati dan Tanjug Gagal mulai menyempit.

"Ditambah lagi jika air tembesi naik, hantaman air ke tebing sangat kencang sehingga dipastikan ada pengikisan, saat ini saja badan jalan sudah mulai dimakan tebing yang runtuh. Kami khawatir nian," katanya. 

Hanafi berharap pemerintah daerah Sarolangun bisa melakukan tindakan secepatnya untuk mengatasi masalah yang dihadapi warganya. Menurutnya, jika sampai jalan poros yang menjadi jalan utama desa putus, akan mengganggu aktivitas warga yang akan berdampak besar pada ekonomi warga. 

"Untuk itu atas nama warga empat Desa saya mengharpkan agar pemerintah segera membangun turab permanen sebab jika dibangun bronjong tidak akan mampu menahan hantaman air dan juga tidak bertahan lama , itulah harapan kami," pungkasnya. 

Baca: Pengemis Ini ke Gereja Setiap Hari Berdoa Bukan untuk Mengubah Nasibnya, Melainkan Untuk Ini

Baca: Ribuan Botol Miras, Tuak dan Ribuan Petasan Diamankan Polda Jambi dan Jajaran Malam Tahun Baru

Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved