Nasib Pegawai UPTD Pendidikan Pasca-dihapus, Sudirman: Pasti Semua Punya Posisi

Awal Januari 2018, Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan resmi dihapus. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Teguh Suprayitno 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Awal Januari 2018, Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan resmi dihapus. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sarolangun Sudirman, mengatakan pegawai UPTD Pendidikan tak perlu khawatir, sebab mereka akan ditempatkan pada bagian lain yang saat ini masih kekurangan tenaga kerja. 

"Sambil menunggu petunjuk dari Pak Bupati dimana mereka nanti akan ditempatkan, sementara nanti akan dijadikan koordinator UPTD di sekolah-sekolah di Kecamatan masing-masing. Sambil menyelesaikan laporan SPJ yang belum selesai," katanya, Jumat (29/12).

Ia mengatakan, pihak BKPSDM bersama Dinas Pendidikan Sarolangun akan merumuskan penempatan pegawai baru pasca-dibubarkannya UPTD Pendidikan. "penempatan pegawai ini akan disesuaikan dengan kompetensinya, kepangkatannya, pengalamannya, loyalitas juga dinilai," kata Sudirman. 

Baca: Dirut PDAM Kerinci Dikabarkan Jadi Tersangka Terkait OTT, ditahan Sabtu Dini Hari

Para pegawai UPTD yang sebelumnya menempati posisi struktural  juga diberi kesempatan jika mereka ingin kembali menempati posisi sebagai pegawai fungsional seperti guru pengajar. Namun,  kata Kepala BKPSDM ini untuk kembali sebagai tenaga pengajar mereka harus memiliki sertifikat sebagai pengajar. 

Sudirman memastikan pasca-UPTD Pendidikan dibubarkan, sekitar 100 orang pegawainya akan menempati posisi jabatan baru. "Dalam Undang-undang ASN itu kan ada jabatan tinggi pratama, jabatan administrator, jabatan pengawas, jabatan fungsional, banyak jabatan fungsional ratusan itu, pasti ada posisi.  Cuma berbeda dengan jabatan yang sebelumnya," terangnya. 

Diketahui pembubaran UPTD Pendidikan ini bermula niat pemerintah pusat yang ingin melakukan efisiensi pegawai. Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengeluarkan keputusan nomor 12 tahun 2017 tentang pedoman pembentukan dan klasifikasi cabang dinas dan unit pelaksana teknis daerah (UPTD).

Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved