TribunJambi/

Ini Penjelasan tentang Pneumonia, Gejala Khas, Kondisi dan Penyebabnya

di negara berkembang, dan di antara orang-orang berusia sangat lanjut, sangat muda, dan penderita sakit kronis, pneumonia jadi penyebab kematian

Ini Penjelasan tentang Pneumonia, Gejala Khas, Kondisi dan Penyebabnya
Ibu muda ini meninggal gara-gara flu. (fox) 

TRIBUNJAMBI.COM - Tahukah Anda berita Alani Murrieta (20 tahun), ibu dari AJ (2 tahun) dan Jr (6 bulan), yang meninggal setelah didiagnosis terkena flu. Ternyata dia menderita pneumonia.

Apakah sebenarnya pneumonia?

Dituliskan di wikipedia, radang paru-paru atau pneumonia adalah kondisi inflamasi pada paru-utamanya memengaruhi kantung-kantung udara mikroskopik yang dikenal sebagai alveolus.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri dan lebih jarang mikroorganisme lainnya, obat-obatan tertentu, dan kondisi lain seperti penyakit autoimun.

Gejala khas meliputi batuk, nyeri dada, demam, dan kesulitan bernapas. Alat diagnostik mencakup rontgen dan pengambilan kultur dari sputum. Vaksin untuk mencegah jenis pneumonia tertentu kini sudah tersedia.

Pengobatan yang dilakukan bergantung pada penyebab dasarnya. Dugaan pneumonia bakterial diobati dengan antibiotik. Jika pneumonianya parah, penderita biasanya dirujuk ke rumah sakit.

Setiap tahunnya, pneumonia menjangkiti sekitar 450 juta orang, tujuh persen dari total populasi dunia, dan menyebabkan sekitar 4 juta kematian. Walaupun pneumonia dijuluki oleh William Osler pada abad ke-19 sebagai "the captain of the men of death" (pemimpin kematian), penemuan terapi antibiotik dan vaksin pada abad ke-20 telah meningkatkan daya tahan hidup.

Meskipun demikian, di negara berkembang, dan di antara orang-orang berusia sangat lanjut, sangat muda, dan penderita sakit kronis, pneumonia tetap menjadi penyebab kematian yang utama.

Penulis: duanto
Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help