TribunJambi/

FOTO: KKJ Aktif Edukasi Warga Jambi Tentang Kelinci, Ternyata Ada Salah Persepsi pada Hewan Ini

Di Jambi, ada komunitas penggemar kelinci yang bernama Komunitas Kelinci Jambi. Berdiri sejak Januari 2017, komunitas ini aktif

FOTO: KKJ Aktif Edukasi Warga Jambi Tentang Kelinci, Ternyata Ada Salah Persepsi pada Hewan Ini
TRIBUNJAMBI/NURLAILIS
Gathering Komunitas Kelinci Jambi, biasa dua kali sebulan di GOR atau tempat ramai lainnya. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kelinci menjadi satu di antara hewan peliharaan yang menggemaskan. Hewan mamalia dari famili Leporidae ini termasuk banyak dipelihara oleh kebanyakan orang.

Di Jambi, ada komunitas penggemar kelinci yang bernama Komunitas Kelinci Jambi (KKJ). Berdiri sejak Januari 2017, komunitas ini aktif memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pemeliharaan kelinci.

“Ada persepsi yang salah di masyarakat mengenai kelinci. Mindset seperti kelinci ga butuh air cuma butuh rumput itu salah. Kelinci juga seperti makhluk hidup lain yang juga butuh air,” jelas Ketua KKJ, Heru.

Kesalahan yang sering terjadi juga mengenai wortel. Padahal sebetulnya tidak wajib buat kelinci.

“Ada statemen yang dibangun sejak dulu kelinci identik dengan wortel, sebetulnya tidak. Dia pemakan tanaman yang hijau seperti rumput serta biji-bijian,” ungkap Dosen Peternakan Unja ini.

Untuk makanan, ia mengatakan saat ini sudah ada pelet yang sudah lengkap nutrisinya. Secara penyimpanan bisa lebih lama dan ada takaran tertentu pula.

“Peminat di Jambi sudah lumayan banyak. Karena dulu mungkin untuk makanan agak susah sekarang kan sudah ada pelet untuk kelinci,” ucapnya.

Masing-masing dari komunitas ini memiliki lebih dari 20 ekor kelinci. Selain untuk pelihara pribadi adapula yang memang untuk dijual.

Komunitas Kelinci Jambi biasa mengadakan gathering dua kali sebulan di GOR atau tempat ramai lainnya. (cul)

Penulis: Nurlailis
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help