TribunJambi/

Tradisi Mandi Safar - Lomba Pacu Pompong Perdana di Iven Mandi Safar

Lomba pacu pompong jadi satu kegiatan perdana dalam rangkaian memeriahkan ritual adat Mandi Safar dalam 1439 Hijriah/2017

Tradisi Mandi Safar - Lomba Pacu Pompong Perdana di Iven Mandi Safar
TRIBUN JAMBI/EKO PRASETYO

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Eko Prasetyo

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Lomba pacu pompong jadi satu kegiatan perdana dalam rangkaian memeriahkan ritual adat Mandi Safar dalam 1439 Hijriah/2017 yang dilaksanakan secara turun-temurun oleh warga setempat yang dipusatkan di kawasan pantai Babussalam.

"Untuk lomba pacu pompong ini baru pertama kali tahun ini, kita pilih lomba ini karena merupakan bentuk kearifan lokal masyarakat setempat," kata Irianto, Kepala Dinas Dinas Pariwisata Tanjabtim, Selasa (14/11).

Selain sebagai bentuk kearifan lokal, lomba pacu perahu yang digelar tersebut juga dapat mengisi kegiatan masyarakat setempat, karena saat menjelang puncak ritual itu sebagian besar nelayan memang disarankan untuk tidak melaut oleh tetua adat setempat.

"Karena ritual adat tersebut merupakan hajatan besar bagi masyarakat di desa ini, sehingga tiga hari menjelang puncak ritual adat itu mereka (nelayan) disarankan tidak boleh melaut," ujarnya.

Tiga hari menjelang puncak ritual adat itu, saat mereka disarankan tidak melaut biasanya mereka mengisi waktu luang dengan memperbaiki alat tangkap yang setiap harinya digunakan mereka untuk mencari ikan di laut.

"Dan juga karena mereka sementara ini tidak melaut, jadi waktu luangnya digunakan untuk persiapan hajatan, ada juga yang memperbaiki jaring atau alat tangkap lainnya," katanya.

Sementara itu, puncak ritual adat Mandi Safar yang merupakan tradisi turun temurun masyarakat setempat akan dilaksanakan Rabu (15/11) besok.

Penulis: ekoprasetyo
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help