TribunJambi/

Pilkada Kerinci

Pilkada Kerinci Berpeluang Tanpa Calon dari Jalur Perseorangan

Hingga saat ini bakal calon bupati Kerinci yang akan maju dari jalur perseorangan belum ada yang melakukan konsultasi ke Komisi Pemilihan Umum

Pilkada Kerinci Berpeluang Tanpa Calon dari Jalur Perseorangan
ist
Bursa calon kepala daerah Kerinci. 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Hingga saat ini bakal calon bupati Kerinci yang akan maju dari jalur perseorangan belum ada yang melakukan konsultasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kerinci. Menurut Komisioner KPU Kerinci, Marjohan mengatakan seharusnya kalau ada yang akan maju jalur perseorangan sudah ada mengambil blanko isian sebagai pelengkap poto copy e-KTP.

"Belum ada bakal calon perseorangan yang konsultasi ke kita. Sedangkan pendaftaran calon bupati secara perseorangan sebentar lagi. Seharusnya saat ini sudah ngambil blanko sebagai pelengkap e-Ktp yang harus diisi," katanya ditemui di ruangan KPU Kerinci, Selasa (14/11).

Ditambahkan Komisioner KPUD Kabupaten Kerinci Divisi Hukum, Suhardiman mengungkapkan bahwa penyerahan dokumen dukungan pasangan calon persorangan dibuka pada 25-29 November 2017 di kantor Sekretariat KPUD Kabupaten Kerinci paling Jl. KH. Ahmad Dahlan Sungai Penuh lambat pukul 16.00 WIB.

Hal ini sesuai pasal 12, 13, 14 dan 15 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan wakil wali kota dan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kerinci Nomor :1/HK.03.1-Kpt/1501/KPU-Kab/VIII/2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2018.

Serta Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kerinci Nomor :9/HK.03.1-Kpt/1501/KPU-Kab/IX/2017 Tentang Rekapitulasi daftar pemilih tetap pemilihan terakhir sebagai dasar perhitungan jumlah minimum dukungan persyaratan pasangan calon perseorangan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Kerinci Tahun 2018. Untuk itu, pasangan calon perseorangan untuk dapat melengkapi persyaratan yang ada.

Ditambahkannya sebagai dasar penetapan persentase jumlah minimum persyaratan calon perseorangan untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kerinci Tahun 2018 adalah 10 persen dari rekapitulasi DPT Pemilihan Terakhir. Yaitu sekurang-kurangnya 21.868 dukungan.

"Minimal jumlah dukungan bagi calon perseorangan untuk bupati dan wakil bupati Kerinci tahun 2018 adalah 21,868 pemilih, Lalu jumlah dukungan harus tersebar di lebih dari 50% jumlah Kecamatan (9 Kecamatan) di Kabupaten Kerinci," ungkapnya

Suhardiman juga menyampaikan, bahwa dalam penyerahan berkas nantinya pasangan calon wajib melampirkan rekapitulasi jumlah dukungan dalam bentuk hardcopy dan softcopy,

"Nanti wajib dilampirkan dukungan tersebut dalsm bentuk hardcopy dan softcopy," tandasnya.

Penulis: hendri dede
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help