TribunJambi/
Home »

Bisnis

» Makro

Pengiriman Ikan Hias dari Jambi Capai 181 Ribu Ekor

Pengiriman ikan hias melalui kargo domestik dengan 364 kali frekuensi pengiriman sepanjang Oktober 2017.

Pengiriman Ikan Hias dari Jambi Capai 181 Ribu Ekor
IST
Ilustrasi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pengiriman ikan hias  melalui kargo domestik dengan 364 kali frekuensi pengiriman sepanjang Oktober 2017.

Kepala Stasiun Karantina Perikanan Kelas I Jambi, Rudi Barmara mengatakan pengiriman komoditas ikan hias periode Oktober 2017 mengalami penurunan sebesar 11 persen.

"Dibandingkan periode sebelumnya karena sebagian besar ikan hias dari Jambi ini bukan hasil dari budidaya," katanya.

Rudi menjelaskan Ikan hias air tawar yang dikirim tersebut berasal dari tangkapan di sungai, danau dan perairan umum lainnya sehingga hasilnya tidak sebanyak seperti hasil budidaya yang dipromosikan masal.

Jumlah ikan hias dari Provinsi Jambi yang dikirim ke sejumlah daerah mencapai 181,396 ekor.

"Pengiriman ini senilai Rp 490,3 juta untuk periode Oktober 2017," imbuh Rudi Barmara. Selasa (14/11).

Selain melayani pengiriman ikan hias, Rudi mengatakan pihaknya juga mencatat terdapat pengiriman komoditas perikanan konsumsi hidup yang mencapai 373.713 ekor atau senilai Rp9,3 miliar dan perikanan konsumsi segar/beku sebanyak 17.958 kilogram atau senilai Rp1,4 miliar.

Sedangkan untuk pengiriman komoditas perikanan nonkonsumsi atau benih dan lainnya mencapai 22.006 ekor dan 3,01 kilogram atau senilai Rp9,3 juta.

Pengiriman ikan hias termasuk kategori ekspor ke luar negeri, hanya saja ekspor tersebut tidak langsung melalui Bandara Sultan Thaha Jambi dan pelabuhan setempat.

"Mekanisme pengiriman komoditas perikanan itu harus melalui karantina untuk dilakukan sertifikasi yang kemudian dirilis dan dikemas, kemudian dikirim menggunakan kargo," jelas Rudi.

Adapun komoditas ikan hias yang dikirim tersebut diantaranya spesies ikan Seluang, Seluang Srigunting, Seluang Api, Tali-tali Belang dan Botia.

Penulis: Niko Firmansyah
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help