TribunJambi/
Home »

Bisnis

» Makro

Ekspor Jambi ke Negara Utama Mengalami Kenaikan

Secara umum nilai ekspor asal Provinsi Jambi pada September 2017 ke beberapa negara utama mengalami kenaikan.

Ekspor Jambi ke Negara Utama Mengalami Kenaikan
KOMPAS/RIZA FATHONI
Ilustrasi: Proses muat peti kemas ekspor ke kapal di kapal di dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok.

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Secara umum nilai ekspor asal Provinsi Jambi pada September 2017 ke beberapa negara utama mengalami kenaikan.

Kepala BPS Provinsi Jambi, Dadang Hardiwan, Selasa (14/11) mengatakan ekspor Jambi yang mengalami kenaikan adalah ke negara Thailand, Malaysia, Jepang, Tiongkok, India, Australia, Korea Selatan dan Inggris.

Dikatakan Dadang pergerakan turunnya nilai ekspor terdapat ke beberapa negara seperti Singapura, Jepang, Amerika Serikat Taiwan, Jerman dan Perancis.

Secara kumulatif sampai dengan September 2017 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, menunjukkan bahwa sebagian besar transaksi ekspor mengalami peningkatan.

"Namun demikian, ada beberapa transaksi ekspor ke berbagai negara mengalami penurunan," jelas  Dadang Hardiwan. Selasa (14/11).

Dijelaskannya adapun penurunan terjadinya ekspor ke negara Australia, Taiwan, Perancis sedangkan perkembangan ekspor tiga komoditas utama yang diekspor pada September 2017, yaitu migas, karet dan olahannya, pulp dan Kertas.

Ekspor terbesar adalah migas yang pada bulan ini diekspor ke Singapura dan Thailand. Komoditas karet dan olahannya terbanyak diekspor ke Tiongkok, Jepang dan Amerika Serikat sedangkan komoditas pulp dan kertas diekspor ke Inggris, Tiongkok dan Taiwan.

Tags
ekspor
Penulis: Niko Firmansyah
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help