TribunJambi/

VIDEO: Penasaran Lihat Replika Keris Siginjai 900 Kg di Eks Tugu Jam Kotabaru? Tonton di Sini

Pemerintah Kota Jambi tampaknya ingin cepat menyuguhkan ikon Kota Jambi kepada masyarakat.

VIDEO: Penasaran Lihat Replika Keris Siginjai 900 Kg di Eks Tugu Jam Kotabaru? Tonton di Sini
TRIBUNJAMBI/EKO PRASETYO
Sejumlah warga memadati sekitar Tugu Keris Siginjai, Sabtu (11/11/2017) untuk melihat alat berat memasang keris siginjai di bekas tugu jam, Kotabaru. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Eko Prasetyo

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah Kota Jambi tampaknya ingin cepat menyuguhkan ikon Kota Jambi kepada masyarakat.

Sesuai keterangan Kadis PU Kota Jambi, Farti Suandri, pihak Pemkot merencanakan meresmikan Tugu Keris beserta infrastruktur lainnya, seperti taman dan kolam pada akhir tahun depan atau awal tahun.

"Target peresmian tanggal 1 Januari atau akhir tahun tanggal 31 Desember, "ujar Farti.

Setelah ini, pihak PU Kota Jambi akan langsung mengerjakan pembuatan taman serta instalasi kabel serta selang untuk pembuatan kolam pada ornamen di Tugu Keris Siginjai.

Untuk diketahui, Keris Siginjai yang dipasang tepat dipucuk tugu, dibuat oleh pengerajin asal Yogyakarta. Pembuatan keris ini memakan bahan tembaga murni sepanjang 9 meter. Tidak hanya itu, berat keris ini mencapai 900 kg.

Pemasangan keris pun jadi tontonan warga, tidak hanya warga, tokoh adat turut diajak dalam menyaksikan pemasangan Keris Siginjai ini.

Ketua Lembaga Adat Melayu Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi Datuk H. Azrai Al-Basyari, diajak dalam menyaksikan pemasangan pucuk tugu tersebut.

Disampaikan Azrai, ikon Jambi harus ada di kota ini. Bahkan menurutnya, Keris Siginjai dianggap bukan hanya menjadi ikon kota Jambi. Melainkan ikon bagi Provinsi Jambi.

"Kita berbangga, ini merupakan lambang kehormatan, kemuliaan dari rajo atau sultan Jambi, inilah ikon kemuliaan Jambi," tegasnya, Sabtu (11/11).

Azrai juga menyampaikan, Keris Siginjai yang menjadi replika dari pucuk tugu di Kotabaru ini sudah diperhatikan dan dicek menyesuaikan keris aslinya yang disimpan di monumen nasional di Jakarta.

"Kami sudah berbincang dengan pihak PU sebelumnya, agar keris Siginjai yang akan dijadikan ikon pada tugu ini agar disempurnakan menyerupai keris aslinya,"singkatnya.

Lihat Videonya di Bawah Ini 

Penulis: ekoprasetyo
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help